.

Mengenal CBM dan Perhitungannya dalam Impor

Sebagai pebisnis toko online barang China, begitu pula ketika belanja di AliExpress, kamu pasti familiar dengan istilah cbm. Sebenarnya apa artinya dan berapa muatnya dalam satuan kilogram? Nah, untuk mengetahui penjelasannya, artikel ini akan membahas mengenai hitungan cbm. 

Definisi

CBM singkatan dari “cubic meter” atau meter kubik yang merupakan satuan volume suatu barang. Perhitungan satuan volume tersebut berdasarkan 3 komponen yakni panjang, lebar dan tinggi. 

1 cbm mengacu pada standar ukuran barang yakni panjang 1 m x lebar 1 m x tinggi 1 m. Agar lebih mudah dalam mengingat, kamu bisa menggunakan rumus dasar m³ setara dengan 1.000.000 cm³. Penerapan rumus tersebut adalah ketika di lapangan lebih banyak penggunaan satuan cm. Kamu dapat menghitung CBM dengan menggunakan Kalkulator CBM dari Blueray Cargo.

Setelah memahami definisi dan penjelasan beserta rumusnya, kamu perlu mempelajari perihal muatan 1 cbm dalam kilogram (kg). Simak pembahasan berikut. 

Baca Juga: Produk Lokal vs Produk Impor, Mana yang Lebih Baik?

Muat Berapa Kg?

Sebenarnya kita tidak bisa membandingkan satuan volume dan satuan berat secara langsung, sebab itu tergantung jenis barang. Misalnya jika suatu barang memiliki berat jenis yang berat, maka dalam 1 centimeter cubic memuat barang yang berat untuk ukuran kg atau kilogram. Begitu pula dengan barang yang ringan, maka ukuran kilogramnya akan sedikit. 

Dalam kaitannya dengan belanja online atau import barang dari China, jika muncul pertanyaan 1 Cbm berapa kg muatnya, jawabannya tergantung dari jenis barang tersebut. Contohnya jika kamu mengirim barang yang ringan seperti tas dan sepatu, maka jumlah kg yang bisa untuk dibawa akan sedikit. Lalu jika yang dikirim adalah barang yang bahannya dari logam, maka bisa memuat kg yang banyak dalam 1 Cbm.

Selain mengetahui hal di atas, dalam dunia impor barang China ataupun negara yang lain, perusahaan atau jasa forwarder biasanya akan menetapkan batas maksimal barang dengan 1 Cbm adalah 600 kg. Dimana artinya jika barang kamu mempunyai volume 1 centimeter kubik, namun berat lebih dari 600 kg, maka cara perhitungan adalah dengan membandingkan total berat dari barang tersebut. 

Facebook
Twitter
LinkedIn