.

Mengenal Kuota Impor dalam Aktivitas Impor Barang

Mengenal Kuota Impor dalam Aktivitas Impor Barang

Saat ini, impor merupakan aktivitas yang tidak asing kita jumpai. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan industri, semakin banyak orang melakukan impor barang untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bisnis. Sehingga, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah perihal kuota impor.

Sebab, kebijakan mengenai jumlah barang impor ini akan berdampak pada aktivitas bisnis ekspor-impor perihal jumlah barang yang akan kamu kirim. Jika kamu tidak memahaminya, maka bisa saja produk bisnis kamu terhalang masalah pengiriman sebelum sampai ke toko atau alamat rumahmu yang akan memicu kerugian besar.

Apa Itu Kuota Impor?

Ilustrasi penerapan Kuota Impor

Kuota impor adalah suatu kebijakan dari pemerintah untuk membatasi jumlah impor barang dari luar negeri ke dalam negeri, sesuai dengan jenisnya masing-masing. Bertujuan untuk melindungi pasar dalam negeri dari jarahan produk-produk asing.

Hal ini dikarenakan, semakin banyak produk asing yang masuk, maka masyarakat akan cenderung menggunakan produk asing. Sehingga, produk yang diproduksi di dalam negeri menjadi menurun penjualannya. Terlebih lagi, terkadang produk asing memiliki harga jual yang lebih rendah, karena biaya produksi yang cukup terjangkau

KEY TAKEAWAYS

– Kuota impor adalah sistem pembatasan produk impor ke dalam negeri sesuai dengan jenisnya.
– Tujuan adanya kuota impor adalah untuk melindungi pasar dalam negeri dari persaingan yang ketat.
– Terdapat 5 jenis kuota impor, yaitu kuota tarif, unilateral, bilateral, mixing, dan lisensi impor.

Tujuan dan Keuntungan Kuota Impor

Kebijakan jumlah impor, tidak semerta-merta ditetapkan oleh pemerintah tanpa adanya alasan dan tujuan yang jelas dan terstruktur. Dampak positif kebijakan kuota impor bagi suatu negara adalah sebagai berikut:

1. Efektif untuk Membatasi Perdagangan

Dengan adanya kuota impor, maka arus perdagangan internasional akan teratasi dengan baik. Hal ini dikarenakan, negara pengekspor tidak dapat mengekspor produk sesuai keinginannya, melainkan terdapat batasan jumlah produk yang akan di ekspor. 

Dengan begitu, jumlah produk luar negeri yang beredar di dalam negeri dapat dikendalikan. Adanya pengendalian jumlah produk luar negeri ini akan membantu produk dalam negeri, agar menguasai pasar dalam negeri dengan baik dan tidak kalah saing dengan produk luar negeri.

Hal ini tentunya berdampak positif untuk pebisnis lokal, khususnya UMKM. Karena, dapat membantu masyarakat untuk mandiri secara finansial dan meningkatkan rasa cinta terhadap produk negeri sendiri.

2. Tidak Tergantung Pada Perubahan Nilai Tukar

Tidak Tergantung Pada Perubahan Nilai Tukar

Adanya sistem kuota impor akan membantu suatu produk tidak bergantung pada sebuah elastisitas permintaan atau perubahan nilai tukar mata uang. Misalnya saja, seringkali terjadi depresiasi yang membuat nilai produk impor turun. Karena penurunan harga ini, maka permintaan akan produk impor pasti meningkat drastis.

Namun, sistem kapasitas impor dapat mengatasi hal tersebut. Karena jumlah barang masuk ke dalam negeri dibatasi dengan baik. Maka, apabila suatu saat terjadi depresiasi, hal tersebut tidak akan memberikan efek yang merugikan bagi peredaran produk lokal. 

3. Meningkatkan Pasar Ekonomi Dalam Negeri

Dari dua tujuan serta manfaat kuota impor di atas, terdapat satu dampak positif yang lebih besar lagi, yaitu sistem pembatasan jumlah barang impor mampu meningkatkan pasar ekonomi dalam negeri.

Hal ini dikarenakan, dengan adanya pembatasan jumlah impor, maka peredaran produk lokal akan semakin meningkat. Dengan meningkatnya peredaran produk lokal, maka sistem perekonomian di Indonesia akan berjalan baik dan stabil. Sehingga, mampu meminimalisir utang negara.

Beda lagi jika yang beredar adalah produk ekspor, maka hanya negara pengekspor yang mendapatkan keuntungan.

5 Jenis Kuota Impor

Setelah mengetahui pengertian kuota impor serta memahami tujuan dan keuntungannya. Maka, selanjutnya kamu perlu memahami 5 jenis kapasitas impor yang berlaku di Indonesia, yaitu:

1. Tarif

Kuota tarif atau seringkali disebut juga dengan tarif impor merupakan sebuah ukuran resmi yang dapat berlaku secara luas. Pada kuota tarif terdapat sebuah ijin untuk melakukan impor produk luar negeri dalam jumlah tertentu. Bisa jadi bebas bea cukai atau berlaku tarif khusus dengan harga yang lebih rendah.

2. Unilateral

Kuota unilateral sering disebut dengan kuota sepihak. Jenis kuota ini berlaku pada negara-negara yang memiliki kerjasama unilateral dengan negara tujuan impor, dalam hal ini Indonesia. Kuota impor unilateral akan memberikan batasan mutlak pada produk yang melakukan impor dalam jangka waktu tertentu. 

3. Bilateral

Kuota impor bilateral merupakan kuota yang diberlakukan pada keadaan khusus, dimana terjadi kerja sama antara dua negara dengan kepentingan tertentu, salah satunya impor. Kerja sama dua negara ini dikatakan sebagai kerjasama bilateral. Begitupun sebaliknya, dalam hal aktivitas ekspor.

Kerja sama bilateral dalam kuota impor memiliki beberapa keuntungan, yaitu dapat mengurangi kecurigaan dari suatu negara ke negara pengimpor, terkait pengadaan barang. Selain itu, adanya kerja sama impor dapat mencegah fluktuasi impor yang berlebihan pada suatu negara. 

4. Mixing

Kuota mixing adalah kuota impor yang pemerintah tetapkan bagi para pengusaha dalam melakukan pengadaan bahan baku produksi. Kuota impor mixing membuat para pengusaha harus membagi jatah bahan baku, antara bahan baku impor dari luar negeri dan bahan baku dari dalam negeri.

Hal ini akan membantu keseimbangan penggunaan bahan baku dalam dan luar negeri. Sehingga, perusahaan atau komoditi bahan baku dalam negeri juga dapat berperan dalam industri yang semakin ketat ini. Dengan adanya kuota mixing, maka perekonomian juga dapat terbantu dengan baik.

5. Lisensi Impor

Lisensi impor merupakan sistem kapasitas impor yang akan memberikan jaminan pada konsumen berupa sistem pendistribusian produk yang baik dan benar. Hal ini akan menyebabkan keseimbangan atau penyamarataan antara sumber daya yang ada dengan rencana atau patokan harga bahan baku yang sesuai dengan pasar.

Sedang Mencari Jasa Logistik untuk Impor? Blueray Cargo Aja!

Aktivitas impor tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Terlebih lagi, perkembangan teknologi membuat impor semakin orang butuhkan. Namun, tidak jarang orang yang kebingungan untuk melakukan aktivitas impor. Tetapi, jangan khawatir lagi, Blueray Cargo memiliki solusi atas permasalahan impor mu!

Blueray Cargo merupakan layanan jasa impor barang dari China tanpa takut terhalang oleh adanya sistem kuota impor. Layanan jasa ini telah berpengalaman lebih dari 20 tahun untuk menangani logistik impor. Blueray cargo hadir untuk membantu para pebisnis melakukan aktivitas impor yang mudah dan aman.

Kamu dapat menggunakan layanan jasa impor Blueray cargo, agar barangmu aman sampai tujuan. Untuk mempelajari selengkapnya, kamu dapat menghubungi kontak resmi Blueray Cargo.

Sudah Mengerti Apa Itu Kuota Impor dan Keuntungannya?

Kuota impor adalah satu dari banyak hal yang harus diperhatikan dalam menangani aktivitas impor perihal jumlah barang yang akan kamu kirimkan. Pastikan juga kamu pakai jasa yang resmi, aman, dan terpercaya. Sebaiknya jangan impor barang berlebihan, ikuti aturan yang berlaku, serta hindari impor barang-barang terlarang.

Facebook
Twitter
LinkedIn