.

Mengenal Sistem Dropship dan Cara Kerjanya yang Efektif

Mengenal Sistem Dropship dan Cara Kerjanya yang Efektif

Seiring dengan perkembangan zaman, sistem perdagangan semakin menuju ke cara digital. Baik melalui e-commerce ataupun sosial media. Salah satu sistem perdagangan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah dropship. Dropship adalah sistem pengiriman barang yang marak berkembang.

Namun, banyak yang belum memahami apa itu sistem dropship serta berbagai keuntungannya. Tak hanya itu, dropship ternyata berbeda dengan sistem supplier. Simak penjelasan dibawah ini mengenai apa itu sistem dropship, keuntungan, serta perbedaannya dengan supplier.

Apa Itu Sistem Dropship dalam Pengiriman Barang?

Sistem dropship adalah sebuah sistem perdagangan, dimana barang yang akan diperdagangkan, dijual langsung kepada pembeli dan dikirimkan oleh produsen. Sementara dropshipper bertugas sebagai perantara pembelian, antara produsen dan pembeli.

Dengan kata lain, pihak dropshipper tidak perlu melakukan stok barang. Dropshipper hanya bertugas mempromosikan barang yang akan dijual dan mengirimkan data pesanan kepada produsen. Sehingga, sistem dropship seringkali dikenal dengan sistem yang mudah, murah, dan cepat.

KEY TAKEAWAYS

Dropship adalah sebuah sistem perdagangan, dimana barang yang akan diperdagangkan, dijual langsung kepada pihak ketiga, yakni pembeli dan dikirimkan oleh pihak pertama, yakni produsen.
– Perbedaan dropship dan supplier terdapat pada ketersediaan barangnya. Supplier menyediakan barang dari produsen, sementara dropshipper hanya sebagai perantara.
– Keuntungan sistem dropship adalah tidak memerlukan biaya besar, sistemnya mudah dan praktis, serta fleksibel terhadap waktu.

Perbedaan Dropship dan Supplier

Seperti yang diketahui bersama, dropship merupakan perantara penjualan antara pihak produsen dan konsumen. Sehingga, dropshipper akan mendapatkan untung atas jasa yang mereka lakukan. Pada sistem dropship tidak dibutuhkan pergudangan barang, karena barang akan langsung dikirimkan oleh produsen.

Berbeda dengan supplier atau reseller yang membutuhkan pergudangan barang. Hal ini dikarenakan, biasanya pihak supplier akan membeli barang dalam jumlah besar, sebab harga yang didapat jauh lebih murah. Sehingga, keuntungan yang supplier dapatkan pun juga jauh lebih banyak.

5 Keuntungan Sistem Dropship

Sistem dropship yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini memiliki berbagai keuntungan, baik dari segi waktu, tempat, hingga biaya, seperti berikut ini:

1. Hanya Membutuhkan Modal Kecil

Ilustrasi Membutuhkan Modal Kecil

Keuntungan pertama dari sistem dropship adalah tidak membutuhkan modal yang besar. Karena para dropshipper tidak melakukan pembelian barang dalam jumlah besar, seperti halnya supplier atau reseller. Oleh karena itu, bisnis dropship merupakan bisnis yang bisa kamu kelola dengan biaya terjangkau.

Modal utama yang perlu kamu siapkan untuk jenis bisnis online ini adalah kuota dan jaringan internet. Selain itu, kamu juga perlu memiliki skill pemasaran yang mumpuni, agar lebih mudah menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian.

2. Tidak Memiliki Resiko Besar

Sistem dropship juga tidak memiliki resiko besar dalam pelaksanaannya. Karena, kamu tidak langsung menyentuh dan melakukan pengiriman barang tersebut, kecuali pada kondisi-kondisi tertentu. Sehingga, risiko kerusakan produk akan sangat minim.

Resiko kerugian dari sisi dropship juga sangat minim. Karena, kamu tidak melakukan pengadaan stok dalam jumlah banyak, maka kamu tidak usah khawatir apabila barang tidak terjual habis dan menyebabkan adanya kerugian. 

Justru, kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah apabila dapat melakukan promosi dengan baik

3. Tidak Memerlukan Gudang untuk Barang

Efisiensi sistem dropship juga terdapat pada tidak adanya gudang untuk barang. Karena kamu akan langsung menghubungi produsen untuk pengiriman, maka kamu tidak memerlukan ruang untuk melakukan packing atau menyimpan barang di gudang. Hal ini sangat efisien, jika kamu bandingkan dengan supplier.

4. Tidak Memiliki Batasan Tempat dan Waktu

Keuntungan selanjutnya dari sistem dropship adalah tidak memiliki batasan tempat dan waktu. Berbeda dengan pekerjaan lainnya yang umumnya terbatas pada waktu pagi hingga sore hari saja. Sistem dropship bisa kamu lakukan kapanpun dan dari mana saja, seperti halnya berwirausaha.

5. Produk Jualan Beragam

Keuntungan terakhir dari adanya sistem dropship adalah produk yang dapat kamu jual amat beragam. Hal ini sama halnya dengan membuka toko kelontong, kamu dapat melakukan dropship bersama beberapa produsen atau supplier. Sehingga, kamu bisa menjual lebih dari 2 produk secara bersamaan. 

Cara Menjalankan Sistem Dropship yang Sukses

Apabila kamu sudah mengetahui apa itu sistem dropship dan berbagai kelebihannya. Kini saatnya untukmu mengerti tips dan trik serta cara menjalankan bisnis dropship yang sukses, seperti berikut ini:

1. Mencari Produk dan Supplier yang Sesuai

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari produk dan supplier yang sesuai. Kamu harus mengerti trend apa yang sedang berkembang di masyarakat dengan cara melakukan survey. Apabila produk yang kamu jual adalah produk yang sesuai dengan trend, maka bisa produk mu berpeluang laku keras.

Selain itu, supplier juga menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Kamu dapat mencari supplier dengan harga jual produk paling terjangkau. Umumnya, supplier barang dengan harga terjangkau berasal dari luar negeri, yaitu dari China.

2. Lakukan Promosi yang Efektif

Selanjutnya adalah melakukan promosi yang efektif. Promosi merupakan salah satu tonggak keberhasilan suatu bisnis, termasuk bisnis dropship. Saat ini, promosi dapat kamu lakukan dengan mudah secara online. Ada beberapa cara promosi yang dapat kamu lakukan dan kembangkan saat menjalankan bisnis ini.

Ilustrasi Facebook Ads

Pertama, menggunakan layanan iklan berbayar yang disediakan oleh sosial media, seperti Instagram Ads atau Facebook Ads. Layanan iklan berbayar dapat menjangkau pasar dengan sangat luas. Tidak perlu biaya mahal, cukup mengeluarkan uang mulai Rp20.000,00, kamu sudah dapat melakukan promosi

Menggunakan jasa endorse selebgram. Jasa endorsement dinilai sebagai salah satu cara marketing paling ampuh. Kamu bisa menggunakan jasa endorse yang disediakan oleh selebgram-selebgram terkenal.

Pakai Blueray Cargo untuk Mensukseskan Bisnis Dropship mu!

Menjalankan bisnis dropship tentu tidak lepas dari adanya produsen atau supplier. Beberapa produsen dan supplier yang terpercaya kebanyakan berasal dari negara China. Untuk itu, kamu memerlukan jasa logistik yang bisa menjadi perantara, antara bisnis dropship yang kamu kelola dengan produsen atau supplier.

Salah satu jasa logistik yang terpercaya untuk melakukan impor barang dari China adalah Blueray Cargo. Blueray Cargo menyediakan jasa pengiriman barang dari China dengan aman dan terpercaya, tanpa khawatir terkait dokumen dan segala macamnya. 

Blueray Cargo telah berpengalaman lebih dari 20 tahun sebagai jasa logistik yang menangani pengiriman barang dari China. Untuk itu, kamu dapat langsung menghubungi kontak resmi Blueray Cargo bila ingin bekerjasama dalam mensukseskan bisnis online milikmu.

Ayo, Segera Jalankan Bisnis Dropship Milikmu!

Jadi, dropship adalah bisnis yang berperan sebagai perantara, antara produsen dan pembeli. Perbedaannya dengan supplier, supplier perlu membeli terlebih dulu produk dari produsen dalam jumlah banyak, sementara dropshipper tidak. Cara kerja sistem bisnis ini dimulai dari mencari produsen serta produk, kemudian promosi.

Facebook
Twitter
LinkedIn