.

Ini Dia 10 Keuntungan Impor Barang yang Belum Banyak Diketahui

Ini Dia 10 Keuntungan Impor Barang yang Belum Banyak Diketahui

Aktivitas impor merupakan aktivitas yang tidak asing lagi didengar oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari perusahaan besar hingga perseorangan banyak yang melakukan aktivitas impor. Namun, terkadang aktivitas impor dipandang sebagai hal yang kurang baik. Padahal, terdapat berbagai keuntungan impor yang menarik.

KEY TAKEAWAYS

– 4 keuntungan utama impor adalah dapat menjalin kerjasama antar negara, menutupi kekurangan negara, memenuhi kebutuhan pasar, dan mengatasi kemungkinan inflasi.
– Sementara keuntungan impor lainnya adalah dapat menghindari monopoli produk, meningkatkan skala produksi, dan menekan biaya produksi.
– Sistem impor mampu membuat suatu negara menjalin kerja sama lebih baik dengan negara lain.

10 Keuntungan Impor

Sistem impor memiliki banyak sekali keuntungan yang dapat kamu rasakan, seperti berikut ini:

1. Menjalin Kerjasama Baik Antar Negara

Ilustrasi Menjalin Kerjasama Baik Antar Negara

Impor merupakan aktivitas perdagangan antar negara. Umumnya, negara yang melakukan impor akan memiliki hubungan khusus, baik hubungan bilateral maupun multilateral dengan negara pengimpor. Oleh karena itu, dalam melakukan aktivitas impor, pasti ada perjanjian kerjasama atau kesepakatan antar dua negara.

2. Menutupi Kekurangan Negara

Suatu negara tidak mungkin memiliki kekayaan seluruh sumber daya yang ada di bumi. Misalnya saja, Indonesia kaya akan tanaman palawija dan rempah-rempah. Namun, di Indonesia sulit ditemui tumbuhan dataran dingin, seperti strawberry, buah peach, dan buah pome.

Oleh karena itu, salah satu dari 4 keuntungan adanya sistem impor yang bisa kami jelaskan adalah memungkinkan penyebaran komoditas yang merata ke setiap negara. 

Sehingga, masyarakat di negara lain dapat merasakan manfaat suatu komoditas tersebut. Bahkan, komoditas yang diimpor dari negara lain seringkali memiliki fungsi mengobati suatu penyakit.

3. Memenuhi Kebutuhan Bahan Baku Industri

Di Indonesia, terdapat berbagai macam industri. Mulai dari industri makanan hingga industri manufaktur. Industri besar tersebut pasti membutuhkan bahan baku yang homogen dan amat beragam jenisnya. Kadang kala, pasokan dalam negeri tidak mampu menyuplai kebutuhan industri tersebut.

Terkadang, bahkan suatu bahan baku industri tidak tersedia di dalam negeri, karena memang sumber daya yang tidak ada. Oleh karena itu, adanya impor dapat memenuhi kebutuhan bahan baku industri yang kurang. Sehingga, nantinya alur produksi akan berjalan lancar.

4. Mengatasi Kemungkinan Terjadinya Inflasi

Keuntungan penting selanjutnya adalah sistem impor dapat mengatasi kemungkinan terjadinya inflasi. Inflasi sendiri adalah penurunan nilai mata uang dalam negeri dibandingkan dengan luar negeri. Inflasi terjadi karena adanya suatu permasalahan ekonomi.

Namun, dengan adanya sistem impor, maka harga produk pasar akan sama dengan yang dijual di negara pengimpor. Sehingga, jika mengikuti rantai pasok, harga produk akan tetap stabil dan nilai tukar rupiah akan normal.

5. Menghindari Monopoli Produk

Minimnya tingkat produksi produk dalam negeri akan membuat penyebaran produk menjadi monoton. Dalam artian, dari satu jenis barang atau komoditi hanya akan terdapat beberapa produk saja yang tersebar ke seluruh negeri. Hal ini membuat konsumen tidak bisa memiliki berbagai pilihan lain.

Dengan adanya sistem impor, masalah tersebut dapat ditangani. Hal ini dikarenakan, apabila ada sistem impor, maka jenis produk yang beredar akan semakin beragam. Sehingga, pelanggan atau konsumen pun juga memiliki pilihan yang beragam dari satu jenis produk.

6. Meningkatkan Skala Produksi Industri

Adanya sistem impor juga dapat meningkatkan skala produksi di sebuah industri. Hal ini dikarenakan pasokan peralatan produksi di dalam negeri bisa jadi terbatas. Terkadang, ada beberapa peralatan yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri. 

Sebab, peralatan elektronik atau mesin produksi umumnya dibuat oleh industri di negara Jepang, Amerika, atau lainnya. Jadi, ketika terjadi kerusakan peralatan atau ingin menambah mesin produksi, kegiatan impor barang dari negara bersangkutan pastinya akan sangat penting untuk meningkatkan skala produksi.

Sehingga, tidak ada waktu kosong atau break time bagi industri untuk memproduksi produknya. Dengan demikian, peredaran dan pasokan barang akan tetap berjalan normal.

7. Dapat Menggunakan Barang dengan Teknologi Terbaru

Perkembangan teknologi saat ini terjadi di seluruh bagian dunia termasuk Indonesia. Orang mulai mengerti teknologi-teknologi baru yang dapat menguntungkan manusia. Namun, terkadang ada beberapa teknologi yang masih terbatas keberadaannya di luar negeri saja dan belum masuk ke Indonesia.

Sistem impor memungkinkan masyarakat dapat merasakan kemajuan teknologi dari berbagai belahan dunia melalui terobosan produk-produk dari luar negeri. Tidak hanya itu, terkadang kamu juga perlu melakukan impor peralatan canggih yang tentunya mendukung sistem pemasaran di era digitalisasi.

8. Menekan Biaya Produksi Bagi Industri

Keuntungan sistem impor berikutnya adalah dapat menekan biaya produksi bagi suatu industri. Hal ini dikarenakan, terdapat beberapa bahan baku yang biaya produksinya mahal, apabila dilakukan di dalam negeri. Sehingga, alternatifnya adalah menggunakan bahan baku impor yang biaya produksinya murah.

Dengan demikian, maka nantinya harga jual produk yang telah diproduksi juga dapat ditekan. Bahkan, keuntungan yang didapat dari suatu industri juga bisa meningkat, sehingga perekonomian negara pun akan meningkat.

9. Membuka Lapangan Pekerjaan

Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Apabila aktivitas impor terjadi dalam negeri, maka kamu bisa membuka bisnis jual beli barang impor. Nah, apabila bisnis kamu ini berkembang, maka kamu dapat merekrut karyawan untuk bagian packing maupun marketing

Sehingga, secara tidak langsung langsung aktivitas impor barang dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga lokal.

10. Termotivasi untuk Mempelajari Bahasa Negara Lain

Ketika melakukan aktivitas impor dari negara lain, tentunya kamu akan langsung berkomunikasi dengan warga dari negara tersebut. Pada saat berkomunikasi, kamu tidak akan dapat menggunakan bahasa Indonesia, minimal kamu harus menggunakan bahasa Inggris.

Oleh sebab itu, adanya kegiatan impor akan membuat kamu termotivasi untuk mempelajari bahasa internasional maupun bahasa dari negara lain. Agar proses komunikasi ketika bertransaksi jual beli dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari penipuan.

Blueray Cargo, Solusi Atas Kebutuhan Impor mu!

Karena sistem impor saat ini semakin marak dilakukan, tentunya kamu juga akan berkecimpung dalam dunia impor ini. Namun, aktivitas impor tidak bisa kamu lakukan seorang diri. Kamu membutuhkan seseorang atau sebuah lembaga yang sudah berpengalaman menangani aktivitas impor, yaitu jasa logistik.

Salah satu jasa logistik terpercaya untuk melakukan impor barang dari China dengan berbagai keuntungan adalah Blueray Cargo. Blueray Cargo menyediakan jasa pengiriman barang dari China dengan aman dan terpercaya, tanpa khawatir terkait dokumen dan segala macamnya. 

Blueray Cargo telah berpengalaman lebih dari 20 tahun sebagai jasa logistik yang menangani pengiriman barang dari China. Untuk itu, kamu dapat langsung menghubungi kontak resmi Blueray Cargo bila ingin menggunakan jasanya. 

Ayo, Segera Jalankan Bisnis Impor Milikmu!

Jadi, keuntungan adanya aktivitas impor, yaitu terjalinnya kerjasama yang baik antar negara, kekurangan dari suatu negara dapat tertutupi, terpenuhinya kebutuhan bahan baku industri, hingga membuka lapangan kerja baru. Sebagai pebisnis, tentunya kamu harus memanfaatkan kelebihan dari adanya sistem impor ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn