.

Rekomendasi Mobil Buatan China dan Alasan Membelinya

Pasar otomotif Indonesia memang cukup bergeliat. Salah satu indikatornya adalah penjualan mobil yang selalu naik tiap tahun. Termasuk untuk mobil buatan China. mobil China di Indonesia sendiri seolah menjadi alternatif, selain mobil buatan Jepang, Eropa, atau Amerika.

Pemilihan mobil buatan China memang memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah masalah harga. Selain itu, saat ini fitur di mobil China sudah tidak kalah dengan mobil buatan Jepang atau Eropa.

KEY TAKEAWAYS

– Salah satu keunggulan dari mobil buatan China adalah harga yang terjangkau.
– Wuling, DFSK, Chery, dan Geely merupakan brand mobil asal China yang ada di Indonesia.
– Produk MPV dari Wuling merupakan salah satu merk yang penjualannya cukup baik.

4 Rekomendasi Mobil Buatan China

Saat ini sendiri ada banyak mobil China di Indonesia yang beredar. Beberapa mobil buatan China ini bahkan bisa dibilang menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu yang mungkin akan membeli mobil. Berikut 4 rekomendasi mobil dari brand asal China yang dapat kamu pilih:

1. DFSK

Mobil buatan China DFSK
DFSK

Dongfeng Sokon Automobile atau yang dikenal juga dengan DFSK Motor merupakan salah satu brand mobil China di Indonesia yang juga cukup laris. Perusahaan ini sendiri sebenarnya merupakan hasil patungan antara Dongfeng dan Chongqing Sokon Industry Group Co Ltd.

Di Indonesia, DFSK masuk setelah melakukan kerjasama dengan PT Kaisar Motorindo Industri. Salah satu daya tarik utama dari brand mobil satu ini adalah masalah harga.

Bahkan, jika dibandingkan dengan brand mobil asal Asia lainnya, seperti Jepang atau Korea Selatan, harga mobil DFSK masih tergolong murah. Brand mobil buatan China satu ini dibanderol dengan kisaran harga antara Rp140.000.000,00 sampai Rp480.000.000,00.

Saat ini, DFSK menawarkan beberapa pilihan produk yang dipasarkan di Indonesia. Beberapa pilihan tersebut mulai dari minibus, blind van, SUV, mobil listrik, bahkan sampai mobil pickup.

2. Wuling

Mobil buatan China Wuling
Suara

Jika ditanya tentang mobil buatan China, maka hampir semua orang pasti akan mengingat Wuling. Brand satu ini memang bisa dibilang sudah menjadi raja bagi mobil China di Indonesia.

Di awal kemunculannya, Wuling langsung menawarkan mobil jenis MPV. Jenis ini sendiri merupakan yang paling laris untuk pasar mobil Indonesia. Dua produk yang menjadi andalan Wuling untuk pasar MPV adalah Cortez dan Confero S.

Dengan peminat mobil jenis MPV yang sangat banyak, brand asal China ini berhasil memenangkan persaingan, salah satunya karena faktor harga yang lebih murah.

Setelah sukses dengan pasar MPV nya, Wuling juga kembali hadir dengan mobil jenis SUV, yaitu Wuling Almaz. Produk keluaran terbarunya ini juga cukup sukses di pasaran.

3. Chery

Mobil buatan China Chery
Chery

Brand lainnya yang juga merupakan merek mobil buatan China adalah Chery. Mungkin banyak diantara kamu yang masih awam dengan mobil China di Indonesia satu ini.

Hal ini cukup wajar, mengingat brand ini sendiri sudah cukup lama meninggalkan di Indonesia dan baru kembali pada tahun 2021 kemarin. Terakhir kali brand ini membuat kejutan untuk pasar otomotif Indonesia adalah pada tahun 2009.

Kala itu, brand asal China ini menggebrak pasar otomotif lokal dengan mengeluarkan city car yang cukup menjadi primadona. Beberapa produk dari Chery kala itu, antara lain A1, Tiggo, dan juga Chery QQ.

4. Geely

Mobil buatan China Geely
Geely

Brand terakhir yang juga pernah cukup berjaya dengan mobil China di Indonesia adalah Geely. Sebenarnya, dari segi kualitas mobil ini lebih baik jika membandingkannya dengan mobil brand China lainnya. Geely sendiri sebenarnya mengadopsi kualitas dari Volvo dan Ford.

Brand Geely cukup populer antara tahun 2009 sampai 2013. Sampai akhirnya penjualannya terus menurun, dan di tahun 2016 tidak ada kabar tentang penjualan brand satu ini.

Selain masalah teknologi, pada kala itu salah satu kelebihan dan daya tarik dari Geely adalah masalah harga. Bahkan, Geely pernah menjual mobilnya di kisaran Rp90.000.000,00 sampai Rp145.000.000,00.

5 Kelebihan Mobil Buatan China

Meskipun tidak stabil, namun nyatanya pasar mobil buatan China di Indonesia cukup menarik. Beberapa brand memang gagal bersaing, namun di lain sisi, brand seperti Wuling misalnya, berhasil menjadi salah satu pilihan untuk jenis mobil MPV. Faktanya, mobil buatan China memang memiliki 5 kelebihan, seperti berikut:

1. Harga yang Terjangkau

Salah satu alasan banyak orang memilih mobil buatan China adalah masalah harga. Tak bisa dipungkiri, dibandingkan dengan mobil buatan Jepang atau Korea Selatan, mobil buatan China memiliki harga yang jauh lebih terjangkau.

Meski dengan harga yang jauh lebih murah, namun untuk urusan kualitas, mobil China di Indonesia juga tidak kalah dengan mobil buatan Jepang maupun Korea Selatan.

2. Fitur Menarik

Dengan harga yang kompetitif, bahkan cenderung lebih murah, mobil asal China menjadi pilihan karena fitur yang mereka berikan sangat menarik. 

Misalnya saja sunroof, kamu bisa mendapatkan fasilitas ini untuk harga mobil di bawah Rp300.000.000,00. Suatu hal yang mungkin tidak ada pada mobil buatan Jepang atau Eropa.

Bahkan, di beberapa produk terbarunya, mobil China di Indonesia ini juga menawarkan itur dengan teknologi terkini. Mulai dari Advanced Driver Assistance System sampai Voice Command, sudah bisa kamu rasakan di berbagai mobil buatan Negeri Tirai Bambu ini.

3. Rating Keselamatan yang Semakin Baik

Selain masalah kualitas dan juga fitur yang diberikan, improvement terbesar dari berbagai mobil buatan China ini ada pada sektor keselamatan. Bahkan, di setiap produk terbarunya, brand asal China selalu mendapatkan rating yang tinggi untuk penilaian di sektor keselamatan dan keamanan.

4. Garansi Lebih Lama

Alasan lain dari banyak orang yang memilih brand mobil asal China adalah masalah garansi. Satu masalah dari mobil China adalah belum terbukti bisa bertahan sampai belasan atau puluhan tahun, selayaknya mobil Jepang atau Eropa.

Namun, asumsi ini juga coba dipatahkan dengan keberanian dari para produsen mobil asal China ini dengan memberikan garansi dalam waktu yang lama. Para produsen bahkan berani memberi garansi sampai lebih dari 5 tahun.

Di satu sisi, tentu ini memberikan jaminan bagi konsumen jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dengan mobil mereka. Di sisi lain, hal ini juga menegaskan jika para produsen yakin dengan kualitas mesin yang mereka produksi.

5. Lebih Luas

Hal lain yang juga menjadi keunggulan dari beberapa produk mobil dengan brand asal China adalah masalah luas. Untuk urusan kabin, baik untuk legroom ataupun headroom, mobil buatan China ini dinilai lebih nyaman daripada mobil buatan Jepang.

Menghadirkan Mobil China di Indonesia

Kehadiran mobil China di Indonesia memang menawarkan hal yang menarik. Selain masalah kualitas yang tidak kalah saing, keunggulan lain dari mobil buatan China adalah masalah harga yang relatif lebih terjangkau.

Jika kamu tertarik untuk mendatangkan mobil China langsung ke Indonesia, maka salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah masalah cargo. Pastikan untuk menggunakan jasa cargo yang berpengalaman.

Satu pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Blueray Cargo. Blueray cargo merupakan penyedia jasa importir untuk barang dari China yang sudah teruji kualitas dan pengalamannya. Jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa Blueray Cargo, maka bisa langsung menghubungi kontak ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Scroll to Top