.

Vessel: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Beberapa Cangkupannya

Vessel Pengertian, Jenis-Jenis, dan Beberapa Cangkupannya

Jalur perdagangan memiliki variasi yang beragam, salah satunya adalah jalur laut. Vessel adalah salah satu transportasi untuk mengirimkan barang melalui jalur laut. Sebelum menggunakannya, kamu harus mengetahui jenis dan fungsinya terlebih dahulu.

KEY TAKEAWAYS
Vessel adalah alat transportasi untuk mengangkut atau membawa barang dengan melalui jalur laut atau perairan.
Vessel memiliki 6 jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Antara lain Container Vessel, Kapal Reefer, Kapal Tanker, Bulk Carriers, Kapal Keruk, dan Roll-on Roll-Off Ships.
– Kapal Tanker dan RoRo (Roll-on Roll-Off Ships) dibagi berdasarkan muatan. Jadi, tidak boleh sembarangan memakainya. Hal ini agar tidak terjadi masalah muatan dan berakhir barang menjadi rusak.
Vessel dapat membantu mengembangkan industri pelayaran agar semakin maju di mana perkembangan tersebut bisa mencapai skala internasional atau global.

Apa Itu Vessel?

Secara umum, vessel traffic service adalah salah satu jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut barang melalui jalur laut. Jika menengok pada segi penggunaan, kapal ini berbeda dengan transportasi laut yang lain. 

Pada dasarnya, vessel menjadi alat yang sering dipakai untuk membawa kontainer di mana kontainer tersebut akan berisi kargo dengan berbagai barang di dalamnya.

Vessel yang mengangkut kargo harus memiliki ukuran yang lebih besar dari transportasi laut lainnya. Hal ini karena jenis kapal tersebut harus menjalankan fungsinya sebagai pengangkut barang dalam jumlah yang banyak.

Jenis dan Fungsi Vessel

Ilustrasi Jenis Kapal

Kapal pengangkut kontainer/kargo ini memiliki jenis dan fungsinya sendiri. Berikut ini penjelasan singkatnya:

1. Container Vessel

Seperti namanya, jenis kapal ini banyak digunakan untuk mengangkut kontainer. Container vessel adalah jenis kapal yang memiliki rancangan yang dapat menampung muatan kargo dalam jumlah banyak.

Pada zaman ini, pengiriman dengan menggunakan container vessel merupakan inovasi baru yang akan semakin berkembang. Dengan demikian, pengangkut jenis ini mampu memberikan revolusi perdagangan yang mendunia dan efektif.

Oleh sebab itu, tidak heran jika container vessel menjadi alat andalan untuk membawa barang secara global. Kamu bisa menemukan pengangkut jenis ini di berbagai pelabuhan besar.

2. Kapal Reefer

Memiliki tampilan dan ukuran yang lumayan besar, membuat kapal reefer menjadi salah satu vessel andalan banyak orang. Kapal satu ini berfungsi untuk mengangkut kargo yang membutuhkan suhu dingin. Suhu dingin tersebut dibutuhkan untuk menjaga produk sehingga produk tidak mudah rusak.

Kamu bisa mengangkut beberapa barang dengan menggunakan kapal ini, misalnya seperti sayuran, ikan, daging, buah-buahan, dan lain sebagainya. Karena bersuhu dingin, kapal reefer lebih sering mengangkut bahan baku makanan.

3. Kapal Tanker

Jenis yang selanjutnya adalah kapal tanker. Kapal ini merupakan kapal khusus yang sering dipakai untuk membawa kargo cair dengan jumlah yang besar. Bahkan, kapal ini juga memiliki peran penting dalam perdagangan global.

Mengapa demikian? Hal ini karena kapal tanker dapat mengangkut bahan baku yang penting secara global, misalnya seperti minyak nabati, produk minyak mentah, gas alam, bahan bakar minyak, dan material industri energi lainnya.

Kapal tanker memiliki kategori berdasarkan muatan, mulai dari kapal tanker minyak yang digunakan untuk mengangkut persediaan minyak dan kapal tanker gas yang dapat membawa teknologi canggih.

4. Bulk Carriers

Bulk carriers adalah salah satu jenis kapal kargo yang digunakan untuk membawa barang curah. Lantas, apa itu barang curah? Jika kamu belum familiar, contoh barang curah itu seperti pupuk, beras, biji-bijian, batubara, dan sejenisnya.

Pada dasarnya, jenis kapal ini sudah malang melintang di industri perdagangan laut sejak tahun 1950-an. Meskipun demikian, hingga sekarang bulk carriers masih eksis mengangkut barang kargo. Bahkan, teknologi dan fungsi kapal ini sudah semakin berkembang mengikuti perjalanan zaman.

5. Kapal Keruk

Kapal keruk adalah jenis vessel selanjutnya yang perlu kamu ketahui. Hal ini karena kapal ini terbilang cukup efektif untuk membawa pasir atau barang endapan lainnya dari dasar laut. Bahkan, kapal keruk juga memiliki alat penggaliannya sendiri.

Dengan menggunakan kapal ini, kamu bisa merasakan fungsinya. Mulai dari pembuatan navigasi di wilayah sekitar pantai, alat untuk menambang laut dalam, dan lain sebagainya.

6. Roll-on Roll-Off Ships

Roll-on Roll-Off Ships atau kapal RoRo merupakan salah satu jenis kapal yang dipakai untuk membawa kendaraan. Misalnya seperti truk, bus, mobil pribadi, sepeda, dan kendaraan lain. Secara umum, kapal ini berfungsi untuk mengangkut barang ekspor-impor atau hanya pemindahan barang saja.

Tidak seperti kapal angkutan lainnya, kapal ini memiliki kelengkapan tanjakan yang khusus untuk memudahkan proses pengangkutan mulai dari bongkar muat kendaraan, mengatur kendaraan, dan lain sebagainya.

Sama seperti kapal tanker, kapal RoRo juga memiliki kategori muatan. Kategori tersebut antara lain Pure Car Carrier (PCC), Pure Car and Truck Carrier (PCTC), General Cargo Ro Ro (GenRo), dan Ropax (Kapal Feri).

Peran Penting Vessel dalam Industri Pelayaran

Vessel dalam Industri Pelayaran

Seperti yang kamu ketahui, bahwa vessel adalah salah satu transportasi untuk melakukan perdagangan melalui jalur laut. Dengan demikian, jenis kapal pengangkut ini tidak akan terpisahkan dari industri pelayaran.

Selain itu, kapal ini memiliki peran penting dalam transportasi laut, yakni sebagai alat penunjang keselamatan, sarana navigasi, alat komunikasi, dan berguna untuk menyalurkan pelayaran dagang maupun barang.

Semua sistem luar kapal memiliki rancangan yang mampu memberikan penjagaan dan keselamatan yang efisien bagi barang angkutan. Dengan demikian, vessel berperan sebagai lalu lintas kapal atau navigasi.

Selain itu, transportasi ini juga berfungsi sebagai telekomunikasi. Maksud dari alat telekomunikasi di sini adalah berupa aktivitas pengiriman dan penerimaan tanda bukti barang melalui sistem elektromagnetik.

Dengan menggunakan transportasi ini, kamu akan mendapatkan alur pelayaran yang memiliki keamanan terjamin. Baik itu dari jalur, kedalaman, lebar, maupun hambatan yang ada di laut.

Dengan adanya pergerakan kapal menggunakan vessel, perdagangan jalur laut akan semakin mudah dan cepat. Selain itu, industri pelayaran menjadi semakin berkembang.

Butuh Jasa Cargo China? Blueray Cargo Solusinya!

Dari tahun ke tahun, industri dagang semakin maju. Salah satunya adalah melalui pelayaran. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui seberapa pentingnya menjaga keamanan paket mereka. Khususnya, ketika akan dikirim melalui jalur laut.

Oleh sebab itu, kamu harus pintar dalam memilih jasa kargo. Pilihlah yang memang sudah berpengalaman sehingga rasa percaya akan timbul dalam hatimu. Nah, jasa kargo seperti apa yang bisa kamu coba?

Jika kamu membutuhkan jasa cargo China, maka Blueraycargo.id adalah jawabannya! Blueray Cargo ini memiliki jasa vessel yang terpercaya, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan barangmu. Yap, Blueraycargo.id jasa importir barang China terbaik yang patut dicoba.

Jika ingin mengetahui informasi layanannya secara mendalam, tak perlu ragu untuk menghubungi kontak Blueray Cargo.

Sudah Tahu Tentang Vessel dan Cangkupannya?

Secara singkat, vessel adalah alat yang bisa kamu gunakan untuk mengangkut barang melewati jalur laut. Setelah membaca informasi ini, apakah kamu memiliki niatan untuk menggunakan jasa tersebut? Jangan lupa untuk memperhatikan kategori kapal dan barang yang ingin kamu gunakan, ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn