.

Mengenal 10 Macam Minuman Khas China dengan Rasa yang unik

Kamu pasti pernah mencoba masakan khas asal China, karena di Indonesia ada banyak Chinese restaurant. Lantas, apakah kamu juga pernah coba minuman khas China? Beberapa jenis minuman tersebut bisa kamu temukan di Indonesia, namun beberapa lainnya bisa kamu coba langsung ketika jalan-jalan ke negeri panda ini.

KEY TAKEAWAYS

– Negara China memiliki banyak minuman dengan citarasa yang khas dan otentik.
– Minuman khas China biasa dikonsumsi ketika perayaan tahun baru Imlek.
– Minuman yang menggunakan bahan dasar buah dan rempah dapat menyehatkan badan.
– Daftar minuman khas China, yakni Mai Dong, Kopi Yunan, Susu Kedelai, Teh Bunga Krisan, Arak Putih, Milk Tea, Tieguanyin. Jus Buah Plum, Soda Asam, dan Tsingtao Beer.

Selain menjadi pelega dahaga saat cuaca panas atau penghangat badan dikala sedang dingin, jenis-jenis minuman tersebut juga mengandung manfaat untuk kesehatan. Bagi kamu yang sudah penasaran, bisa langsung ikuti pembahasannya sebagai berikut.

10 Minuman Khas China

Berikut adalah beberapa jenis minuman asal negeri tirai bambu yang bisa kamu coba:

1. Mai Dong

Mai Dong
Pinhome

Kamu para pria dewasa yang sering melakukan aktivitas berat, bisa coba mengonsumsi mai dong. Mai dong menggunakan bahan-bahan rempah dan juga buah-buahan, sehingga dapat menghangatkan badan. Selain itu, mai dong juga bisa menghasilkan banyak energi, sehingga sering digunakan sebagai minuman pendongkrak stamina.

Mengingat mai dong bisa menghangatkan badan, tentu akan sangat cocok jika kamu mengkonsumsinya saat musim hujan atau dingin. Tak hanya stamina yang meningkat, daya tahan tubuhmu pun juga meningkat, sehingga tidak mudah sakit.

2. Kopi Yunnan

Kopi Yunnan
Bolong

Pecinta kopi wajib banget mencoba kopi Yunnan yang merupakan minuman khas China. Nama kopi Yunnan diperoleh dari daerah asal tanaman kopi tersebut. Lokasi Yunnan yang merupakan daerah dataran tinggi, mampu menghasilkan kopi dengan citarasa yang sangat khas.

Kenikmatan kopi Yunnan nampaknya mampu menarik perhatian toko kopi asal Amerika Serikat untuk menggunakan kopi asal China ini sebagai varian dari menu yang mereka jual. Biasanya, kopi Yunnan juga menjadi suguhan khas ketika merayakan hari raya Imlek sambil kumpul bersama dengan keluarga.

3. Susu Kedelai

Susu Kedelai
Jovee

Kamu mungkin tidak menyangka bahwa susu kedelai adalah minuman khas China. Susu kedelai ini sangat umum di Indonesia dan kamu bisa membelinya dengan mudah. Citarasa susu kedelai yang gurih dan nikmat membuatnya digemari semua kalangan usia. Susu dengan bahan dasar kedelai ini juga kaya manfaat untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi pada susu kedelai antara lain antioksidan, omega 3, protein, kalium, dan masih banyak lagi lainnya. Minuman ini dapat mendukung tumbuh kembang anak-anak, serta menjadi asupan nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

4. Teh Bunga Krisan

Teh Bunga Krisan
Parapuan

Kamu lebih suka minum teh daripada kopi? Coba deh minum teh dari bunga krisan kering yang merupakan jenis minuman tradisional dari China. Warna seduhan teh krisan tampak kekuningan dan lebih bening dari teh hitam atau teh hijau. Teh krisan ini ternyata juga menyuguhkan segudang manfaat menakjubkan.

Aroma seduhan dari teh krisan dipercaya bisa menenangkan pikiran. Selain itu, minuman khas China ini juga dapat menyembuhkan sakit flu, membantu menurunkan tekanan darah, dan menenangkan saraf. Nah, kamu yang mengalami beberapa masalah tersebut bisa segera coba minum teh krisan, ya!

5. Arak Putih China – Baiju

Arak Putih China – Baiju
Travel Kompas

Baiju atau arak putih juga masuk kedalam daftar minuman khas negeri tirai bambu. Mengingat baiju mengandung alkohol dan bisa memabukkan, maka minuman ini hanya untuk laki-laki dewasa saja. Arak putih ini memang tidak menyehatkan, namun orang-orang banyak yang mengkonsumsinya.

Arak putih adalah minuman non halal, karena mengandung alkohol, sehingga kamu yang muslim bisa lebih berhati-hati dalam memilih minuman khas China.

6. Milk Tea

Milk Tea
Indozone

Minuman teh susu atau milk tea banyak digandrungi oleh kalangan anak muda hingga dewasa. Tahukah kamu bahwa ternyata milk tea ini berasal dari China? Aroma wangi teh dan rasa susu yang gurih dan creamy menghasilkan citarasa yang nikmat. Selain itu, milk tea juga memiliki rasa sedikit manis dan cocok disajikan dengan es.

Biasanya, milk tea juga ditambahkan dengan isian seperti boba atau jeli. Minuman untuk merayakan imlek ini tidak hanya menyegarkan kerongkongan, namun juga mengenyangkan.

7. Tieguanyin

Tieguanyin
Seven Cups

Minuman khas China lainnya yang wajib kamu coba ketika mengunjungi negeri panda, yaitu tieguanyin. Saat masih belum diseduh tampilannya tampak seperti teh hitam, namun setelah diseduh warnanya jauh lebih terang dari teh hitam.

Tieguanyin memiliki aroma yang segar seperti buah dan juga rasa manis. Meskipun tieguanyin adalah minuman tradisional, namun banyak restoran dan café di China yang menyajikan menu minuman ini. Hal ini karena banyak orang yang ketagihan dengan rasa dan aromanya yang unik.

8. Jus Buah Plum

Jus Buah Plum
Hipwee

Plum adalah buah asal China dengan bentuk bulat dan kulit merah gelap. Saat merayakan tahun baru Imlek, orang-orang China akan membuat buah pulm menjadi jus yang menyegarkan dengan rasa asam dan manis. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika jus buah memberikan manfaat melimpah untuk kesehatan.

Kandungan antioksidan yang melimpah pada buah plum efektif menangkal radikal bebas. Rajin mengkonsumsi buah plum atau jus buah plum dapat memelihara kesehatan jantung, melancarkan sistem pencernaan, mencegah anemia, dan memelihara kesehatan kulit.

9. Soda Asam

Soda Asam
GoTravelly

Minuman khas China yang juga perlu kamu coba saat jalan-jalan ke negeri tirai bambu adalah soda asam. Kamu bisa menemukan soda asam dengan mudah di daerah Shanghai. Soda asam mulai dikenal sejak tahun 1960 an dan hingga saat ini terus banyak digemari oleh masyarakat China.

Rasa asam pada minuman ini yaitu dari irisan buah lemon yang dimasukkan ke dalam soda. Selain itu, aroma lemon tersebut juga semakin menambah kegeranan minuman popular ini. Kamu bisa membeli minuman ini ketika siang hari dengan cuaca terik, karena biasanya disajikan dengan es atau dingin.

10. Tsingtao Beer

Tsingtao Beer
China Daily

Penggemar minuman bir pasti sudah tahu Tsingtao Beer, kan? Minuman khas China ini sudah merajai pasar dunia karena terjual di 62 negara. Hal yang menarik dari bir asal China, yaitu tidak meninggalkan rasa pahit setelah meminumnya, karena Tsingtao memiliki rasa malt yang tinggi.

Rasa Tsingtao yang berbeda dengan bir pada umumnya, membuat negara Kanada dan Australia mengimpornya dalam jumlah yang sangat besar. 

Tertarik Menjual Minuman Khas China?

Jika kamu sedang mencari ide untuk membuka usaha, maka bisa mempertimbangkan bisnis impor dari China. Kamu bisa mengimpor minuman atau bahan-bahan minuman tersebut dan menjualnya kembali. Selain itu, mengimpor barang dari China sangat menguntungkan, karena harganya lebih murah.

Untuk mendukung bisnis impor yang akan kamu geluti, kamu bisa bekerja sama dengan Blueray Cargo. Perusahaan ini sudah melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia maupun luar negeri selama kurang lebih dari 20 tahun. 

Blueray Cargo menyediakan moda transportasi laut dan udara, sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Perusahaan ini layak kamu andalkan menjadi mitra bisnis, karena mematok tarif yang murah, namun barang cepat sampai tujuan. Dapatkan informasi lebih lengkap dengan chat langsung via WhatsApp.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Scroll to Top