.

4 Rekomendasi Motor China yang Cocok Menghiasi Garasi Kamu

Penjualan motor China di Indonesia memang tidak gencar seperti motor yang berasal dari Jepang. Namun, kamu perlu tahu bahwa motor yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini tidak dapat kamu remehkan. Bahkan ada beberapa diantaranya yang populer di Eropa. Yuk, cari tahu apa saja motor tersebut!

KEY TAKEAWAYS

– Di tahun 2000an, motor buatan China di Indonesia sempat beredar luas di pasaran. Pada saat itu harga jualnya juga sangat terjangkau jika dibandingkan dengan motor dari Jepang.
– Motor China bisanya memiliki tampilan yang identik dengan motor yang berasal dari negara lain, mulai dari matic hingga motor sport.
– Berdasarkan data dari Motorcycle Export by Country, China berada di posisi pertama sebagai negara produsen terbesar di dunia dengan nilai ekspor mencapai lebih dari Rp107.000.000.000.000,00.
– Saat ini, hanya tersisa beberapa produsen pembuat motor yang berasal dari Tiongkok yang masih ada. Kebanyakan hanya berfokus pada motor roda tiga yang digunakan untuk keperluan dagang.

Motor China Terpopuler di Dunia

Berikut adalah beberapa sepeda motor yang berasa dari negara Tiongkok dan mampu bersaing di pasar global: 

1. Jialing Coco Pony

Jialing Coco Pony
otobandung.com

Perusahaan bernama Jialing adalah perusahaan pembuat motor china di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1997. Jialing Industrial Co., Ltd. (Group) berlokasi di Zhongqing (kota Chongqing), Cina. Di awal kemunculannya Jialing mendapatkan banyak peminat di Indonesia dengan produk motor bangaunya. 

Motor Bangau ini mempunyai bentuk yang mirip seperti motor Supra X. Selain memproduksi motor bebek, Jialing terkenal dengan motor kargo roda tiga untuk keperluan dagang, skuter 50cc, taksi becak roda tiga, dan sepeda motor dengan sespan (sidecar).

Kemudian, baru-baru ini perusahaan motor dari Tiongkok ini juga mengeluarkan produk barunya yang cukup menarik. Lagi-lagi, motor ini memiliki tampilan yang mirip dengan motor pabrikan asal Italia, yakni Ducati.

Motor baru dari Jialing disebut-sebut tampak mirip dengan Ducati Scrambler. Perbedaanya terletak pada klasifikasi motornya, yang mana kendaraan ini masuk dalam kategori motor sport di kelas cc kecil. Bisa dibilang, motor yang diberi nama Jialing Coco Pony ini adalah versi yang lebih kecil dari Ducati Scrambler.

Kamu bisa melihat bentukan rangka, tangki, hingga desain pada motor ini memang sangat mirip dengan motor buatan Italia. Kemiripan yang paling mudah kamu temukan ada pada tulisan “scrambler” di bagian tangki motor Jialing Coco Pony yang mirip dengan Ducati.

Adapun kapasitas mesin dari Jialing Coco Pony 150F adalah 150cc 1 silinder. Selain itu, motor ini menggunakan velg ukuran 14 inci. Pada bagian suspensi depan, Jialing Coco Pony menggunakan upside down. Sementara pada bagian belakang, motor ini menggunakan monoshock.

2. Motrac MG500

Motrac MG500
mychinamoto.com

Salah satu motor yang paling populer adalah Motrac MG500. Jika kita lihat dengan seksama, motor ini memiliki desain yang mirip dengan Ducati Multistrada. Sedangkan pada mesinnya, motor buatan china ini memiliki kesamaan dengan Honda CB500. 

Hal tersebut terjadi karena mesinnya diproduksi di tempat yang sama, yatu di Cina melalui Loncin Motor Co. Kendaraan ini memiliki mesin yang lebih kecil dari Ducati, yakni 500cc. Selain itu, mesinnya telah memenuhi spesifikasi Euro4. 

Meski memiliki banyak kemiripan dari segi tampilan, kamu dapat menemukan perbedaan dari M5G500 dan Multistrada. Misalnya pada sasis dan bodi belakangnya.

Motor besutan Taizhou Moray ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti LED lamp, dan odometer TFT. Suspensi depan motor menggunakan upside down dan pengereman cakram double disc. Kamu bisa mengatakan bahwa Motrac MG500 versi terjangkau dari Honda CB500X.

3. Zongshen Cyclone RG3

Zongshen Cyclone RG3
livingwithgravity.com

Zongshen adalah perusahaan manufaktur asal Chongqing yang memproduksi sepeda motor, hingga generator. Perusahaan Zongshen merupakan salah satu dari lima produsen sepeda motor di Tiongkok dengan total aset lebih dari 4 miliar yuan. 

Tidak tanggung-tanggung, mereka bermitra dengan produsen motor besar dunia seperti Harley dan Piaggio. Salah satu motor andalan dari Zongshen adalah Cyclone RG3, yakni motor sport-touring

Seperti motor buatan Tiongkok lainnya, Zongshen Cyclone RG3 memiliki kemiripan dengan Kawasaki ZX-10R. Meskipun begitu, kemiripan tersebut tidak mengurangi kemegahan dan pesona dari motor buatan China ini.

Bagian kaca depannya dipasang lebih tinggi dan dapat kamu sesuaikan. Pada bagian jok pengendara dan pembonceng terlihat tebal, karena berisi busa yang telah disesuaikan dengan standar

Selain itu, kamu bisa melihat bagian layar TFT 6,75 inci yang tampak mewah, serta memiliki pengereman di kedua ban yang sudah support Antilock Braking System (ABS). Terdapat fitur unik dari kendaraan satu ini dan berbeda dengan motor lainnya, yakni kamera yang berada di atas lampu depan. 

Kamera ini diperuntukan untuk kamu yang senang melakukan aktivitas vlogging di saat mengendarai motor. Mengingat, motovlog saat ini memiliki cukup banyak peminat dan penontonnya di Youtube. Sayangnya, harga motor satu ini belum diketahui secara pasti.

4. Zongshen Cyclone RE250

Zongshen Cyclone RE250
oto.detik.com

Motor China selanjutnya masih dari Zongshen, yakni Cyclone RE250. Desainnya tampak mirip dengan motor retro naked Yamaha XSR 155. Selain itu, motor ini masih mengusung genre retro café racer, sama seperti generasi sebelumnya yaitu Zongshen Cyclone RE3.

Bagian yang sama dengan pendahulunya terlihat pada lampu depan LED, body tengah bertuliskan angka, sampai spakbor minimalis berbentuk bulat lengkap dengan mudguard. Zongshen Cyclone RE250 menggunakan mesin DOHC 249,2cc, 4 tak, dan torsi maksimum 22 NM di 7.000 rpm.

Beberapa bagian dari motor ini menampakan gaya kontemporer yang mencolok, seperti suspensi depan menggunakan upside down. Berbeda dengan Cyclone RE3 yang menggunakan dual shock pada suspensi bagian belakang. Cyclone RE250 telah menggunakan monoshock dengan rem cakram dual channel ABS di kedua bannya.

Sentuhan modern lainnya bisa kamu dapatkan pada velg alloy berbentuk Y pada kendaraan ini. Velg ini berukuran 17 inci dan disatukan dengan ban ukuran 110/70 pada bagian depan dan 150/60 di bagian belakang.

Jika kamu perhatikan, desainnya terinspirasi oleh motor klasik Eropa 1980-an dengan lampu  depan seperti bulan yang khas. Tetapi motor ini memberikan sentuhan modern  dengan menggunakan DRL LED. Selain itu, terdapat panel speedometer digital yang bisa kamu hubungkan dengan aplikasi di smartphone.

Kendaraan ini dibekali dengan tangki bahan bakar 15 liter dan bobot totalnya adalah 143 kg. Kamu bisa mendapatkankan  Zongshen Cyclone RE250 di harga Rp42.200.000,00.

Kamu Tertarik untuk Memiliki Motor China yang Mana?

Itulah beberapa motor China yang cukup populer di kelasnya. Jika tertarik, kamu bisa menggunakan jasa importir barang China terbaik dan terpercaya dari BlueRay Cargo. BlueRay Cargo adalah perusahaan importir barang dari negara China ke Indonesia dengan menyediakan layanan pengiriman melalui udara dan laut.

Jadi, dengan BlueRay Cargo, kamu dapat membeli barang apa saja, termasuk kendaraan dari negara China. Soal layanan kamu tidak perlu khawatir. Karena BlueRay Cargo sudah memiliki pengalaman 20 tahun di bidangnya sebagai jasa importir handal. 

Jadi, barang kamu pasti akan aman di perjalanan sampai tujuan tanpa cacat sedikitpun. Apalagi Blueray Cargo juga memberikan garansi hingga 100% sehingga barang kamu akan semakin terjamin. Yuk, segera hubungi Kontak BlueRay Cargo untuk informasi lebih lanjutnya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Scroll to Top