.

9 Macam Macam Kapal Beserta Masing-Masing Fungsinya

Ada banyak sekali macam macam kapal yang saat ini sering digunakan di Indonesia untuk berbagai jenis industri, salah satunya adalah jenis kapal angkutan barang. Bahkan, pemanfaatan kapal ini sendiri mempunyai ragam dan jenis yang sangat banyak, dengan pemanfaatan yang sangat fleksibel sesuai kebutuhan industri.

Setiap jenis kapal pelayaran juga memiliki nama serta bentuk yang berbeda-beda, lho. Bagi pelaku industri khususnya, adalah hal penting untuk memahami jenis kapal agar tidak salah pilih jenis transportasi laut ini saat hendak melakukan proses ekspor dan impor. Penasaran apa saja jenis-jenis kapal laut? Yuk, simak artikel ini!

KEY TAKEAWAYS

– Macam macam kapal terdiri dari kapal Tanker, kapal Roro, kapal Pesiar, kapal Tongkang, kapal Bulk Carrier,  kapal Tunda, kapal Ferry, kapal Pengebor, dan kapal Perang.
– Tiap-tiap jenis kapal memiliki fungsi yang beragam, mulai dari kapal pengangkut, pengeboran, transportasi penumpang, hingga keperluan alat militer.
– Kapal Ferry merupakan alat transportasi laut paling populer di Indonesia.
– Untuk keperluan pengelolaan sumber daya alam dasar laut, kapal pengebor adalah jenis kapal yang berfungsi sebagai alat penggali hasil bumi di dasar laut.
– Kapal Tongkang merupakan jenis kapal angkutan barang yang tidak memiliki mesin.

Jenis-Jenis Kapal Laut dan Berbagai Fungsinya

Mulai dari untuk keperluan alat perang hingga transportasi umum dan industri perdagangan. Ini dia macam macam kapal laut beserta masing-masing fungsinya:

1. Kapal Tanker

Kapal Tanker
portonews.com

Mungkin sebagian orang pasti sudah kenal dengan jenis kapal yang satu ini. Kapal tanker merupakan kapal yang dirancang khusus untuk membawa angkutan cairan atau BBM dengan jumlah yang besar. Umumnya, jenis utama kapal pengangkut BBM ini terdiri dari tanker minyak, kimia, gas alam cair, dan lain sejenisnya.

Namun, sebenarnya kapal ini juga mempunyai muatan lain, yaitu cairan yang bergerak ketika berada di dalam kapal, sehingga akan memberikan risiko bagi stabilitas kapal.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya kapal tanker dibentuk menjadi beberapa atau ruangan yang berupa tangki-tangki. Selain itu, pada bagian sistem muatan barang juga dibatasi sesuai kapasitas utama kapal, agar terhindar dari goyangnya badan kapal saat terhantam ombak.

2. Kapal Roro

Kapal roro
kapalku.com

Macam macam kapal yang kedua adalah jenis kapal Roro. Kapal Roro sendiri merupakan singkatan dari Roll-on, Roll-off. Biasanya, jenis kapal ini berfungsi sebagai kapal khusus pengangkut mobil. Selain itu, jenis kapal ini juga berfungsi untuk mengangkut kargo roda besar, seperti mobil trailer, truk, dan lain sebagainya.

Kapal ini mempunyai desain built-in yang relatif landai, untuk mempermudah proses penurunan barang kargo di pelabuhan. Meskipun desainnya landai, badan kapal Roro ini terbilang cukup besar, lho. Hal ini tidak terlepas dari fungsinya sebagai kapal pengangkut kendaraan kargo.

3. Kapal Pesiar

Kapal pesiar
nusabali.com

Kapal pesiar adalah jenis kapal transportasi pengangkut penumpang yang bertujuan pelayaran pesiar jarak jauh. Pada umumnya, penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu atau berkeliling dunia. Macam macam kapal pesiar akan sangat mudah kamu temukan dalam industri pariwisata.

Kapal ini memiliki banyak fasilitas layaknya sebuah hotel. Mulai dari penginapan, tempat belanja, lokasi fitness, hingga restoran bintang lima dapat kamu temukan dalam kapal ini. 

4. Kapal Tongkang

Kapal tongkang
karyamanunggal.com

Macam macam kapal selanjutnya, hadir dari kapal yang biasa digunakan untuk industri pengangkutan barang antar pulau. Kapal tongkang adalah jenis kapal yang khusus untuk mengangkut barang dan sumber daya alam dalam jumlah besar. 

Pada dasarnya, kapal tongkang tidak dapat kita sebut sebagai jenis kapal, karena kapal ini tidak mempunyai mesin sendiri. jadi, kapal tongkang ini harus terangkut bersama dengan kapal tunda atau tugboat. Dengan kata lain, tongkang merupakan gandengan dari kapal tugboat itu sendiri. 

5. Kapal Bulk Carrier

Kapal Bulk carier
wikipedia.com

Kapal Bulk Carrier atau kapal Bulker adalah jenis kapal niaga yang berfungsi khusus untuk mengangkut barang kargo yang sifatnya tidak dikemas. Jenis barang kargo tidak kemas, antara lain seperti batubara, biji-bijian, semen, dan berbagai jenis barang  kargo yang sifatnya unpackaged

Keunggulan dari jenis kapal bulker adalah memiliki daya angkut dengan jumlah besar. Jadi, jumlah muatan yang terangkut dalam kapal ini juga bisa sangat banyak. Selain itu, jenis kapal angkutan barang ini juga memiliki fungsi yang fleksibel untuk berbagai keperluan industri, khususnya untuk pengangkutan bahan produksi.

6. Kapal Tunda

Kapal Tunda
ipcmarine.co.id

Macam macam kapal yang keenam adalah kapal tunda. Kapal tunda adalah kapal kecil yang memanuver kapal lain dengan cara mendorong atau menarik kapal tersebut. Selain itu, Kapal tunda juga dapat memindahkan kapal yang mengalami kondisi tidak dapat bergerak sendiri, seperti tongkang dan bangkai kapal rusak.

Kapal ini juga biasanya berguna sebagai alat pembuka pintu laut pelabuhan serta sebagai satuan kapal penyelamatan. Pada bagian mesin, kapal tunda mempunyai mesin uap khusus sebagai sistem pengapian kapal. Namun, seiring perkembangan zaman, kapal tunda kini menggunakan diesel sebagai alat pacu mesinnya.

7. Kapal Ferry

Kapal Ferry
jaringnews.co.id

Hampir sama seperti kapal pesiar, kapal ferry merupakan salah satu jenis kapal angkutan barang yang sifatnya multi fungsional. Biasanya, kapal ini dapat dengan mudah kamu temukan di setiap pelabuhan. 

Pada dasarnya, fungsi utama dari kapal ferry adalah sebagai alat transportasi umum yang digunakan masyarakat untuk menyebrangi pulau. Akan tetapi, kapal ini dapat juga berfungsi sebagai kapal kargo pengangkut barang dalam jumlah kecil.

Selain itu, ferry juga terdiri dari macam macam kapal dengan ukuran dan desain yang berbeda-beda. Mulai dari ferry angkut, ferry kayu, ferry kargo dan lain sebagainya. Harga transportasi ini juga sangat murah, dan terbilang menjadi transportasi laut paling populer di kalangan masyarakat Indonesia.

8. Kapal Pengebor

Kapal pengebor
detikfinance.com

Kapal pengebor adalah jenis kapal yang lengkap dengan peralatan pengeboran laut. Biasanya, kapal ini memiliki fungsi sebagai alat berat untuk keperluan pengeboran minyak,  sumur gas, atau batu bara, di perairan dasar laut atau untuk pengeboran ilmiah.

Sejak zaman dulu, penggunaan kapal ini sangatlah penting, terutama bagi industri tambang dasar laut. Di Indonesia, penggunaan kapal ini sudah tidak asing lagi, mengingat Indonesia adalah salah satu negara dengan sumber daya dasar laut yang melimpah.

9. Kapal Perang

Kapal Militer
militerium.com

Macam macam kapal laut yang terakhir adalah kapal perang. Kapal perang adalah kapal khusus yang berfungsi sebagai alat untuk keperluan militer suatu negara. Kapal ini memiliki senjata dan ruang khusus untuk penyimpanan amunisi perang.

Selain itu, kapal perang juga terbuat dari bahan dasar yang kuat, yaitu baja anti peluru. Hal ini tidak terlepas dari fungsi kapal ini sendiri sebagai alat militer dan pertahanan negara dari serangan laut.

Butuh Jasa Kapal Pengangkut Kargo?

Nah, itu dia macam macam kapal beserta fungsi utamanya. Mulai dari jenis kapal angkutan barang, kapal pengangkut penumpang, hingga kapal perang dan pengeboran. 

Jika kamu butuh jasa kapal pengangkut kargo untuk keperluan ekspor dan impor, kamu bisa mendapatkan jasa kapal kargo berkualitas terbaik di Blueray Cargo. Tersedia banyak macam macam kapal dengan armada terbaik. 

Selama melayani pelanggan, Blueray Cargo selalu memberikan layanan terbaik, sehingga seluruh proses ekspor dan impor barang ke dalam dan luar negeri berjalan dengan cepat. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung hubungi kontak resmi Blueray Cargo.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Scroll to Top