.

Cara Impor Baju Adat China yang Perlu Kamu Tahu untuk Bisnis

Baju adat China bisa jadi ide bisnis yang sangat menguntungkan. Karena secara tampilan maupun harga mampu menarik perhatian banyak masyarakat Indonesia, terutama warga Tionghoa. Terlebih jika kamu mengimpornya langsung dari China sehingga akan menambah nilai jualnya. 

Namun, bagaimana cara impor produk pakaian tersebut? Jika kamu tertarik dengan bisnis impor baju tradisional China yang menggiurkan, mari telisik seluk beluknya agar lebih jelas melalui artikel berikut!

KEY TAKEAWAYS

– Sebelum mengimpor baju adat China, penting untuk kamu ingat bahwa MOQ selalu bisa dinegosiasikan dengan mengajukan permohonan melalui Docshipper.
– Jika kamu masih kesulitan mencari pemasok baju adat China yang kredibel, minta layanan impor kamu untuk melakukan kontrol kualitas guna menjamin kualitas produk kamu.
– Pengiriman logistik produk baju tradisional China akan lebih mudah jika menggunakan layanan impor yang berpengalaman. Karena bisa membantu kamu menangani pengiriman, penyimpanan, bea cukai, dan lain-lain sekaligus.

Prospek Bisnis Impor Baju Adat China

Sebagaimana pakaian adat pada umumnya, baju adat China juga merupakan elemen penting dari warisan budaya warga etnis Tionghoa di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Itu karena pakaian adat China punya banyak makna akibat pengaruh antar budaya, mulai dari jenis kain, desain, hingga motifnya.

Selain itu, sebagian besar orang setuju bahwa, China merupakan negara dengan tingkat produktivitas yang tinggi serta menghasilkan barang-barang yang harganya murah, tak terkecuali baju adat. Ini juga menjadi alasan mengapa masih banyak masyarakat tanah air yang berminat tinggi untuk membeli baju tradisional China impor.

Namun, tak sedikit juga yang menganggap produk China sebagai barang murahan. Padahal, jika kamu selektif dalam memilih produsen pakaian adat China, kamu bisa mendapatkan produk yang berkualitas bagus dengan harga yang murah untuk dijual kembali. Tak heran jika bisnis impor pakaian adat China tetap menjanjikan  hingga kini.

Cara Mendapatkan Pemasok Baju Adat China yang Bagus

Semua produsen tekstil dan baju tradisional China berbeda kualitasnya. Sebaiknya hindari memilih produsen dari internet tanpa memverifikasi apakah pemasok tersebut terbukti mampu menghasilkan produk yang bagus atau tidak. Agar tak salah pilih, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih pemasok:

1. Product Range

Setiap produsen memiliki jenis produk baju tradisional China tertentu atau bahan tertentu sesuai dengan spesialisasi produsen tersebut. Ada produsen yang fokus untuk memproduksi hanfu. Sementara yang lain memproduksi qipao, cheongsam, samfoo, jubah labuh, atau tang suit. 

Terlepas dari jenis baju tradisional China mana yang kamu pilih, pastikan saat kamu berniat impor baju tradisional China, pemasok sudah bersertifikat GOTS (Global Organic Textile Standard).

2. Kuantitas Minimum Order yang Diperlukan (MOQ)

Saat mengimpor pakaian adat dari China, pemasok biasanya akan menetapkan jumlah pesanan minimum (MOQ) sekitar 500 hingga 1000 potong per produk. Jadi, jika MOQ pemasok tetap pada 500 buah, kamu harus membeli setidaknya 500 buah atau mereka tidak akan menerima pesanan kamu. 

Berikut ini adalah beberapa kategori MOQ yang harus diikuti dalam industri tekstil:

  • MOQ per pesanan: 500 – 1000 buah
  • Minimum order per kain: 250 – 500 buah
  • MOQ berdasarkan warna: 250 – 500 buah
  • Minimum order berdasarkan ukuran: 100 – 250 buah

3. Kunjungi Pabrik atau Pameran 

Cara lain untuk mendapatkan pemasok baju tradisional China yang bagus adalah dengan mengunjungi pabrik atau pameran impor. Di sana, kamu bisa memilih aneka baju tradisional China dan bertemu langsung dengan para supplier atau produsen tanpa perantara.

Cara impor baju adat China untuk dijual kembali ini memang membutuhkan lebih banyak effort dan biaya. Namun, akan sepadan dengan keuntungan yang bisa kamu peroleh nantinya. 

Selain bisa mengecek langsung kualitas baju, kamu juga bisa membangun hubungan baik dengan supplier dan mendapatkan harga yang lebih bersahabat. Tak hanya berkunjung ke pabrik, kamu pun bisa merapat ke pameran atau event di China. Sehingga dapat memperoleh ilmu tentang bisnis impor.

4 Persiapan untuk Memulai Bisnis Impor Baju Adat China

Proses impor produk dari China cenderung lebih mudah daripada mengimpor dari negara lain, seperti Australia, USA, atau Eropa. Meski begitu, kamu ada beberapa hal yang harus kamu siapkan untuk bisa mengimpor baju tradisional dari China, yakni:

1. Pastikan Kamu Punya Partner Pemasok yang Jelas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pemasok baju adat China memang banyak jumlahnya. Namun, pastikan kamu menemukan pemasok terpercaya terlebih dahulu. Jadi, ada baiknya kamu mengecek langsung di negara asalnya dan jangan asal mempercayai informasi yang kamu dapat dari internet.

Bila tidak ada biaya atau terlalu repot untuk pergi ke sana, kamu bisa coba bertanya-tanya pada penjual Indonesia yang menjual produk baju tradisional dari China. Gunakan informasi yang kamu dapat untuk menilai produsen China mana yang memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik.

2. Perhitungkan Biaya Impor dan Cukai

Jika kamu berniat membuka bisnis impor baju tradisional China, kamu perlu memperhitungkan soal cukai dan biaya impor. Tak sedikit pebisnis impor pemula yang terjebak dalam masalah ini. Oleh sebab itu, penting untuk meneken kontrak yang jelas dengan pemasok tentang basis harga tarif impor, terutama sebelum pengiriman.

Agar dapat mempermudah perhitungan, sebaiknya gunakan nilai tukar daripada nilai fluid yang berubah-ubah, karena mengikuti pergerakan global. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa besaran biaya seperti biaya transport, cukai, asuransi, atau biaya tambahan lainnya sudah termasuk di dalamnya.

3. Perhatikan Kebutuhan Shipping dan Penyimpanan

Aspek shipping dan penyimpanan merupakan faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis impor baju adat China. Banyak pebisnis pemula yang meremehkan aspek ini, padahal mereka harus mengambil barang di pelabuhan terlebih dahulu sebelum masuk ke gudang penyimpanan di lokasi usaha.

Jadi, untuk menjaga kualitas baju impor, ada baiknya jika kamu menyiapkan gudang di area pelabuhan. Sehingga, kamu bisa transit di gudang tersebut tanpa perlu mengeluarkan biaya shipment lagi setelah drop di area pelabuhan. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah memantau stok awal sebelum benar-benar menyimpannya.

4. Gunakan Jasa Impor dan Logistik

Khusus untuk importir pemula, ada baiknya jika kamu mempertimbangkan untuk menggunakan jasa impor dan logistik yang terpercaya untuk memenuhi keperluan pengadaan stok pakaian adat China. 

Terlebih lagi jika skala usaha kamu masih kecil, maka mengurus keperluan supply impor secara mandiri pasti akan sangat sulit dan melelahkan. Mulai dari membuat surat izin impor hingga mengatur pengiriman dengan baik, kamu bisa terbantu dengan menggunakan layanan impor yang lebih berpengalaman. 

Macam-Macam Model Baju Adat China Terpopuler

hanfu
Hanfu / Pexels
cheongsam
Cheongsam / Pexels
qipao
Qipao / Pexels
tangzhuang
Tangzhuang / Bolong.id
tang suit
Tang Suit / Fashion Hanfu

Tertarik Menjalankan Bisnis Impor Baju Adat China?

Dari penjelasan di atas, kini kamu sudah tahu gambaran tentang bisnis impor baju adat China yang terbilang cukup menggiurkan. Jika kamu masih pemula dan perlu bantuan untuk memudahkan bisnis impor, maka Blueray Cargo adalah jawabannya. Jasa importir barang China terbaik ini sudah dipercaya lebih dari 20 tahun.

Pelayanannya yang cepat membuat Blueray Cargo menjadi kepercayaan para importir. Terlebih lagi Blueray Cargo berani memberikan garansi pengiriman hingga 100%, jadi kamu tidak perlu khawatir akan keselamatan barang. Tunggu apa lagi? Segera konsultasikan pengiriman kamu dengan menghubungi kontak resmi Blueray.

Facebook
Twitter
LinkedIn