.

10 Rahasia Sukses Orang Cina yang Harus Kamu Tiru

Mungkin Anda mengenal banyak orang Cina yang sukses. Pertanyaannya adalah apakah rahasia sukses orang Cina tersebut? Selain itu, bagaimana pola pikir orang Cina yang membuat mereka bisa sehebat itu?

China sendiri merupakan salah satu negara maju yang ada di dunia. Di Indonesia sendiri, beberapa sektor usaha dimiliki oleh orang keturunan China ini. Bahkan, sudah banyak dari mereka yang menjadi konglomerat.

KEY TAKEAWAYS

– Cina merupakan salah satu negara maju di dunia.
– Rahasia sukses terbesar bagi orang cina adalah kerja lebih keras, lebih rajin, disiplin, dan teliti.
– Fleksibilitas dalam bisnis merupakan salah satu cara mereka bisa menjadi sukses.
– Jangan menyesal dan tidak takut gagal adalah cara orang Cina untuk selalu berani mencoba hal baru.

Apa Rahasia Sukses Orang Cina?

Jika melihat sejarah, keturunan Cina ini sendiri memang memiliki perjalanan yang panjang. Di Indonesia misalnya, rata-rata usaha yang mereka miliki sudah berumur lebih dari 30 tahun dan membuat mereka jadi sesukses sekarang.

Tentu saja kesuksesan ini tidak hanya karena faktor keturunan semata. Ada beberapa rahasia sukses orang Cina yang bisa Anda tiru, beberapa diantaranya adalah:

1. Bekerja Lebih Keras dan Rajin

Ilustrasi Miting di Kantor

Beberapa orang keturunan Cina memulai hidupnya dari bawah. Semua usaha yang mereka bangun dimulai dari nol. Tidak ada cara lain yang bisa mereka lakukan, kecuali bekerja dengan lebih keras dan lebih rajin.

Ini merupakan salah satu rahasia sukses orang Cina yang dipegang teguh oleh mereka. Pola pikir orang Cina inilah yang pada akhirnya bisa membuat mereka sukses.

Dalam banyak contoh, orang Cina tidak ragu untuk memulai usaha lebih pagi dan menutup usahanya paling akhir. Hal ini adalah bentuk kerja keras dan implementasi sikap rajin yang mereka miliki.

2. Ekonomis

Hal lainnya yang juga menjadi rahasia sukses orang Cina adalah bersikap ekonomis dalam banyak hal. Orang Cina memang cukup ketat untuk masalah keuangan yang satu ini.

Mereka akan lebih memilih untuk membeli barang dengan uang tunai daripada harus membayar dengan sistem kredit dan cicilan. Dalam banyak kasus, mereka juga lebih memilih menunda apa yang mereka butuhkan ketika uangnya belum cukup.

Selain itu, sikap ekonomis ini juga membuat banyak orang Cina yang sudah sadar akan manfaat menabung sejak dini. Tidak hanya itu, mereka juga sudah sadar dan paham akan investasi sejak dini.

3. Proses Tawar Menawar

Disadari atau tidak, hal lain yang juga menjadi rahasia sukses orang Cina adalah proses tawar menawar ketika melakukan bisnis. Dalam prosesnya, hal ini juga berguna sebagai proses interaksi antara penjual dan konsumen.

Seringkali, dari proses tawar menawar inilah terbentuk sebuah ikatan yang erat antara konsumen dan pembeli. Pola pikir orang Cina dalam proses tawar menawar sendiri cukup unik. 

Mereka cukup fleksibel dengan harga yang diberikan, namun di satu sisi mereka tetap memikirkan keuntungan yang perlu mereka dapatkan. Untuk urusan keuntungan tersendiri, perhitungan mereka cukuplah matang.

4. Disiplin

Ilustrasi Disiplin Waktu

Hal lainnya yang juga sangat dipegang teguh oleh orang Cina adalah masalah disiplin. Apapun yang terjadi, mereka biasanya cukup konsisten untuk melakukan apa yang menjadi pekerjaanya.

Bentuk disiplin ini sendiri sebenarnya merupakan implementasi dari sikap rajin yang mereka punya. Bentuk disiplin ini sendiri mereka terapkan dalam berbagai macam hal.

Misalkan, mereka akan disiplin untuk memulai usaha di waktu yang sama setiap harinya. Selain itu, bentuk disiplin ini juga bisa terlihat dari konsistennya mereka untuk melakukan bisnis yang mereka lakukan.

5. Teliti

Selain disiplin, rahasia sukses orang Cina lainnya adalah teliti. Salah satu bentuk ketelitian mereka bisa terlihat dari pembukuan yang dibuat. Mereka cukup detail untuk mencatat setiap pemasukan dan juga pengeluaran.

Hal ini membuat semua uang yang masuk bisa terdeteksi dan terlacak dengan baik. Dalam proses bisnis, pembukuan ini juga berguna untuk melihat seberapa efektif dan menguntungkan bisnis yang mereka lakukan.

Masalah ketelitian ini sendiri bisa terlihat dari bagaimana mereka memberikan harga. Mereka cukup matang untuk menghitung berapa harga yang pas untuk tiap barang yang mereka jual.

6. Tidak Menyesal

Pola pikir orang Cina lainnya yang juga cukup menarik adalah tidak menyesali apa yang sudah mereka lakukan apapun hasilnya. Dalam banyak contoh, tidak semua orang Cina langsung berhasil dalam bisnisnya.

Ada banyak contoh di mana mereka mengalami kegagalan bahkan sampai bangkrut dalam bisnis yang mereka lakukan. Namun, yang terjadi selanjutnya adalah mereka tidak menyerah dan menyesali hal tersebut.

Mereka kembali bangkit dan mencoba kembali untuk melakukan bisnis. Selain tidak menyesali apa yang sudah terjadi, mereka juga memiliki pemikiran untuk tidak mencemaskan sesuatu yang belum terjadi.

7. Tidak Takut Gagal

Sudah dijelaskan sebelumnya jika dalam melakukan bisnisnya, tidak semua orang Cina bisa langsung berhasil. Ada beberapa dari mereka yang juga merasakan bagaimana kegagalan.

Namun, satu rahasia sukses orang Cina adalah tidak pernah takut akan kegagalan. Sifat tidak takut gagal ini yang membuat banyak orang Cina juga berani mencoba banyak hal pada akhirnya.

8. Berpikir untuk 3 Keturunan Selanjutnya

Ini merupakan salah satu rahasia sukses orang Cina yang cukup ampuh. Tidak hanya untuk mereka sendiri, namun mereka juga memikirkan kehidupan untuk 3 keturunan selanjutnya.

Menjadi tidak aneh, jika banyak bisnis orang Cina yang pada akhirnya menjadi bisnis keluarga. Pola pikir orang Cina ini juga membuat mereka bekerja keras untuk menghidupi anak dan cucunya kelak.

9. Belajar dari Pengalaman

Ilustrasi Para Pekerja di China

Berkaitan dengan prinsip mereka yang tidak takut gagal, di sisi lain setiap kegagalan yang mereka alami juga dijadikan sebagai pelajaran terbaik untuk mereka. Prinsip pengalaman adalah guru terbaik benar-benar mereka terapkan.

Setiap kegagalan tersebut tentunya memiliki pelajaran yang bisa mereka ambil. Dan mempelajari hal tersebut, bisa menghindarkan mereka dari mengalami kegagalan karena kesalahan yang sama.

10. Tidak Berpangku Tangan

Tidak berpangku tangan merupakan rahasia sukses orang Cina terakhir. Mereka pantang hanya berdiam diri dan menerima bantuan dari orang lain. Mereka akan selalu berpikir untuk memulai sebuah usaha baru.

Bagi kebanyakan orang Cina, mereka lebih memilih untuk membuka usaha dan bekerja sendiri, daripada harus menunggu bantuan dari orang lain. Prinsip ini juga yang membuat nantinya mereka akan bekerja dengan lebih keras.

Ingin Berbisnis dengan Orang Cina?

Jika kamu ingin mencoba berbagai rahasia sukses orang Cina tersebut, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka bisnis dengan mereka. Dari sana, kamu bisa mempelajari bagaimana pola bisnis yang mereka punya.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjadi importir berbagai barang dari Cina. Sebagai salah satu negara maju, tentu banyak barang dari Cina yang bisa kamu perjual belikan kembali.

Jika tertarik, maka pilihan terbaik untuk kamu adalah menggunakan jasa Blueray Cargo, sebagai jasa importir terbaik berbagai barang dari Cina. Selain berkualitas, Blueray Cargo juga sudah sangat berpengalaman.

Semua kegiatan impor yang akan kamu lakukan pasti akan lancar dan membuat bisnis kamu untung. Untuk informasi lebih lanjut, maka kamu juga bisa menghubungi Blueray Cargo di kontak WhatsApp nya.

Facebook
Twitter
LinkedIn