.

Belajar Import Barang dari China, Peluang Besar Jual Beli Internasional!

Mungkin sebagian dari kamu masih ragu apakah mungkin belajar import barang dari China menguntungkan. Nyatanya, import barang dari China memang berpeluang besar. Namun, masih banyak yang bingung cara memulainya dan bagaimana cara mengurus perizinan dan prosedurnya. Oleh karena itu, cari tahu lebih dalam di sini!

KEY TAKEAWAYS

-Bisnis import adalah salah satu bisnis yang menjanjikan, walaupun persyaratan dan prosesnya lebih rumit.
-Dari berbagai negara, China jadi yang paling berpotensi untuk menjalin kerjasama bisnis dengan para pemasok di sana.
-Melakukan riset baik produk, pasar dan pemasok adalah senjata paling ampuh dalam membangun bisnis import.
-Belajar import barang dari China berpotensi karena ragam produk berkualitas, dengan harga terjangkau
-Negosiasi dan MOU adalah 2 faktor penting dalam transaksi yang sehat.

Mengenal Bisnis Import Menarik dan Menjanjikan

Pada dasarnya, bisnis impor merupakan kegiatan mendatangkan barang dagangan dari luar negeri untuk menjadi produk yang akan kamu jual di dalam negeri. Umumnya, barang luar negeri adalah hasil transaksi jual beli yang bisa berupa bahan mentah, setengah jadi, hingga produk siap pakai.

Dalam konteks bisnis, seorang importir berperan sebagai distributor yang mendatangkan produk luar negeri dari produsen pertama. Banyak orang yang belajar import barang, khususnya dari China karena produk-produknya berkualitas, namun harganya jauh lebih terjangkau. 

Jadi,  jika kamu pasarkan ke dalam negeri, bisa berpotensi mendatangkan keuntungan besar. Walaupun dalam prosesnya ada berbagai regulasi, proses negosiasi, hingga pemeriksaan yang sedikit rumit. 

Namun, dari waktu dan usaha yang kamu keluarkan juga menjanjikan peluang cuan yang besar. Dari sinilah banyak pemula bisnis mendatangkan produk berkualitas yang terjangkau dari luar negeri.

Potensi dan Risiko dari Bisnis Import

Sekilas sudah kamu pelajari bahwa bisnis ini memiliki potensi yang menjanjikan. Namun, jika ada keuntungan yang besar pastinya ada risiko yang juga cukup besar. Karena itu, sebelum mempelajari bisnis import lebih lanjut, kamu perlu mempelajari potensi dan risikonya terlebih dahulu. Berikut uraiannya:

1. Potensi Bisnis Import

Secara sekilas, bisnis yang menjanjikan memang memiliki banyak potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan, contohnya seperti:

  • Akses ke Produk yang Tidak Tersedia di Dalam Negeri

Bisnis ini akan memungkinkan kamu untuk menjual produk yang tidak ada di dalam negeri. Sehingga persaingannya jauh lebih kecil. Khususnya untuk barang tertentu yang banyak peminat, namun tak ada di dalam negeri.

  • Harga Murah Mendatangkan Keuntungan Komparatif 

Bisnis ini juga memungkinkan kamu selaku importir untuk memanfaatkan keuntungan komparatif di negara asal produk. Misalnya, kamu belajar import barang dari China yang harganya murah, namun kualitasnya masih bisa bersaing.

  • Potensi Perluasan Pasar yang Luas

Ketika mendatangkan barang yang belum ada dalam negeri, kamu dapat memperluas jangkauan pasar lebih luas. Apalagi harganya yang bersaing dengan kualitas yang unggul dan banyak varian,  pastinya akan  membantu perluasan lebih pesat.

  • Diversifikasi Portofolio Produk 

Terkadang, permintaan yang membludak sedangkan barang sedikit bisa kamu selesaikan dengan mendatangkan produk dari luar negeri. Melalui varian yang lebih banyak, pastinya akan membantu bisnis untuk cepat berkembang.

2. Risiko Bisnis Import 

Selain memiliki keuntungan tersendiri, kamu juga harus waspada terhadap beberapa risiko yang bisa kamu alami, contohnya seperti:

  • Perubahan Kondisi Ekonomi dan Mata Uang

Perubahan kondisi ekonomi di negara asal atau negara tujuan adalah risiko terbesar yang harus kamu hadapi. Karena kurs mata uang dari kedua negara bisa menimbulkan selisih harga yang jika tidak hati-hati, sehingga bisa menimbun kerugian untuk importir.

  • Risiko Logistik

Proses pengiriman barang dari negara asal ke negara tujuan juga menjadi risiko yang akan menghantui bisnis kamu. Pasalnya, keterlambatan pengiriman, kerusakan barang, atau kehilangan barang bisa membuat ritme bisnis berantakan.

  • Regulasi Hukum dari Kedua Negara

Sebelum belajar import barang dari luar negeri, ada baiknya kamu mempelajari regulasi dari kedua negara. Terutama kebijakan jual beli di negara kamu, pengiriman atau penerimaan barang, serta pajak yang harus kamu tanggung.

  • Proses Administratif Lebih Rumit

Tak seperti bisnis pada umumnya, mendatangkan barang dari luar negeri akan melalui proses administrasi yang lebih panjang dan rumit. Mulai dari perizinan, dokumen impor, pemenuhan persyaratan bea cukai, serta berbagai proses panjang lainnya.

  • Produk Lokal Tersisih

Walaupun impor barang menguntungkan beberapa pihak, namun ada risiko bagi pelaku usaha lokal yang bisa tersisih dari persaingan pasar. Dari hal ini pastinya akan memicu perekonomian negara menurun karena tingginya angka kemiskinan yang bisa memicu perubahan kebijakan.

Belajar Import Barang Dari Cina

Dari berbagai negara produsen, China adalah salah satu yang paling menjanjikan. Namun, jika ingin terjun ke dunia bisnis ini, ada baiknya kamu mempelajari beberapa hal berikut:

1. Lakukan Riset Produk

Karena tak bisa menyeleksi barang secara langsung, dalam bisnis ini kamu harus pandai melakukan riset produk. Walaupun pihak produsesn sudah mengirim bukti review produk atau sampel dengan bentuk apapun, namun menganalisa review produk dari sumber lain bisa jadi tindakan pencegahan yang cerdas.

2. Lakukan Riset Pasar

Ilustrasi Riset Pasar

Sebelum belajar import barang dari China lebih lanjut, kamu perlu melakukan riset apakah produk yang kamu jual ada yang membutuhkan atau meminatinya atau tidak. Dari hal ini, membaca trend pasar dan kebiasaan target pasar bisa jadi senjata utama yang baik untuk kelangsungan bisnis.

3. Lakukan Identifikasi Pemasok atau Produsen

Karena memiliki banyak peluang, pastinya ada risiko pemasok abal-abal yang bisa membuat rugi bisnis yang akan kamu kelola. Oleh karena itu, kamu harus pandai-pandai memilih pemasok produk. Carilah pemasok produk terpercaya yang bisa kamu cari melalui sumber resmi, seperti beberapa platform besar di China.

4. Bangun Komunikasi dengan Pemasok

Ilustrasi Komunikasi Online

Pemasok yang baik setidaknya memiliki penerjemah atau memahami pola bisnis impor dengan baik. Melalui reaksi penjual, kamu bisa menilai seberapa kompeten pemasok yang kamu pilih. Selain itu, jika sudah memiliki pemasok yang terpercaya, pastikan untuk membangun komunikasi yang baik untuk kelangsungan bisnis kamu.

5. Lakukan Negosiasi yang Menjanjikan

Ketika belajar import, ilmu negosiasi kamu juga harus terasah dengan baik. Karena akan berdampak pada deal harga dan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Dalam bisnis ini, negosiasi adalah poin paling penting. Pastikan untuk mendiskusikan terkait produk, harga, kualitas, jumlah pesanan minimum dan faktor penting lainnya.

6. Minta Sampel Produk

Walaupun sudah yakin pada pemasok yang kamu pilih, pastikan untuk meminta sampel produk (beli sedikit sebagai sampel). Hal tersebut bisa membantu mencegah produk dalam jumlah besar tidak sesuai dengan kualitas yang kamu harapkan. Sehingga kamu bisa meminimalisir kerugian.

7. Buat Perjanjian Kontrak atau MOU

Ilustrasi Kontrak perjanjian

Karena transaksi besar akan lebih menguntungkan, pastikan untuk membuat perjanjian yang jelas dan terperinci. Sehingga kerja sama bisnis bisa terus terjaga sesuai koridor keuntungan dari kedua belah pihak. Dalam MOU juga akan tercantum harga, jumlah pesanan, ketentuan bayar, pengiriman, hingga sanksi pelanggaran perjanjian.

Setelah Belajar Import, Kini Kamu Siap Mengeksekusi Bisnis!

Dari beberapa penjelasan di atas, kini kamu tahu pengertian, keuntungan, risiko, serta potensi terbesar mendatangkan produk dari negara China. Jika sudah belajar import dan siap menjalankan bisnis, pastikan untuk memilih jasa cargo terpercaya dan berpengalaman seperti Blueray. 

Blueray Cargo sendiri sudah memiliki pengalaman selama 20 tahun dalam pengiriman barang menggunakan forwarder china ke indonesia. Kamu juga akan mendapatkan layanan berupa garansi, sehingga keamanan barang akan jauh lebih terjamin.

Selain sudah menjalin kerja sama dengan banyak bisnis di China, Blueray juga menyediakan berbagai paket dan layanan yang bersaing. Bahkan kamu bisa melakukan konsultasi gratis dengan menghubungi Blueray Cargo. Jadi, impor barang dari China, ya di Blueray aja!

Facebook
Twitter
LinkedIn