.

Inilah Cara Cek Resi Pengiriman dari Luar Negeri Anti Gagal

Walaupun transaksi jual beli ke luar negeri sudah lazim bagi beberapa orang, namun masih saja ada yang bingung cara cek resi pengiriman dari luar negeri. Padahal, pengecekan resi cukup penting mengingat status pengiriman bisa kamu pantau melalui nomor resi tersebut. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini!

KEY TAKEAWAYS

-Nomor resi adalah identitas paket, berupa deretan nomor unik yang dapat mengidentifikasikan paket dan pengiriman.
-Pengecekan kondisi pengiriman memerlukan nomor resi, AWB, dan beberapa persyaratan lainya.
-Cek resi pengiriman dari luar negeri bisa menggunakan website jasa pengiriman maupun pihak ketiga terkait seperti BEA Cukai.
-Nomor resi dipegang oleh pihak pengiriman dan penerima, tentunya pihak kurir juga memiliki rekaman nomor resi selaku pembuat nomor unik tersebut.

Apa itu Resi?

Sebelum mempelajari lebih dalam bagaimana pengecekannya, ada baiknya kamu mempelajari apa itu resi. Secara umum, resi merupakan sebuah identitas berupa nomor unik yang membedakan suatu transaksi pengiriman dengan yang lain. Identitas pada penjelasan ini merujuk pada identitas dari paket yang kamu kirimkan.

Dalam deretan angka unik yang kamu terima, dalam sistem pengiriman akan tertanam sebuah informasi mengenai paket dan pengiriman. Sehingga dengan adanya nomor ini kurir bisa lebih mudah mengidentifikasi paket yang kamu kirim maupun terima.

Sebenarnya, resi dalam maupun luar negeri isinya sama, yakni identitas dari paket tersebut. Lebih tepatnya jika kamu cek resi pengiriman dari luar negeri maupun dalam negeri akan tertera beberapa informasi. Contohnya seperti identitas pengirim dan penerima, nomor resi, jenis barang, berat, alamat, serta metode pembayarannya.

Fungsi Resi Pengiriman

Pada dasarnya, baik pengiriman luar maupun dalam negeri beberapa fungsi resi kebanyakan masih sama. Adapun yang berbeda kemungkinan pada tahapan BEA Cukai saja. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa fungsi resi secara umum:

1. Pelacakan Pengiriman

Fungsi pertama dari resi pengiriman adalah untuk membantu kamu melacak dan memantau kondisi pengiriman paket. Pemantauan ini harusnya terekam secara realtime mulai dari perjalanan barang dari negara asal hingga ke negara tujuan. 

Lewat nomor resi, kamu dapat mengetahui status pengiriman, lokasi terkini barang, dan perkiraan waktu tiba sampai tujuan pengiriman. 

2. Verifikasi dan Keamanan

Resi pengiriman juga dapat menjadi bukti verifikasi dan keamanan terkait paket yang sudah dalam perjalanan. Jika melakukan cek resi pengiriman dari luar negeri, kamu  dapat menggunakannya sebagai rujukan untuk memverifikasi pengiriman kepada penerima. 

Hal tersebut juga akan membantu transaksi dengan metode pembayaran DP untuk pengiriman atau asuransi pengiriman. Selain itu, nomor resi juga jadi acuan kurir untuk membedakan satu paket dengan paket yang lainnya. Jadi, secara tidak langsung nomor resi bisa jadi identitas dari paket yang kamu kirim atau terima.

3. Pengecekan dan Proses BEA Cukai

Tentu saja, pengiriman atau penerimaan barang dari luar negeri pasti akan melewati tahapan pengecekan dari BEA Cukai. Hal tersebut berkaitan dengan ketentuan atau regulasi yang berlaku. Nah, kamu bisa melakukan pengambilan melalui nomor resi yang sudah ada di tangan.

4. Penyelesaian Masalah

Cek resi pengiriman dari luar negeri juga berguna jika terjadi masalah atau keterlambatan dalam pengiriman. Nomor resi dapat kamu gunakan untuk menghubungi penyedia jasa pengiriman dan memperoleh informasi terkini. 

Jadi, paket milkmu bisa terlacak dan mendapatkan solusi terbaik dari masalah yang ada, termasuk syarat klaim asuransi jika terjadi kecelakaan.

5. Bukti Penerimaan

Resi pengiriman luar negeri juga berfungsi sebagai bukti, bahwa barang telah kamu terima atau sampai tujuan. Penggunaannya tentunya untuk membantu memverifikasi pengiriman dan memastikan bahwa barang yang dikirim sudah sesuai dengan pemesanan.

Cara Cek Resi Pengiriman dari Luar Negeri

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekan pengiriman melalui resi. Cara pengecekannya bisa kamu simak dari penjelasan di bawah ini:

1. Siapkan Nomor Resi

Tahapan pertama untuk melakukan pengecekan adalah dengan menyiapkan nomor resi pengiriman yang kamu dapatkan dari penyedia jasa pengiriman. Jika menggunakan jasa toko online besar, bisanya pengecekan bisa langsung kamu pantau melalui aplikasi.

Namun, jika tidak, kamu bisa menyiapkan nomor resi dari pengirim atau dari tanda terima penyedia jasa pengiriman yang kamu gunakan. 

2. Identifikasi Penyedia Jasa Pengiriman

Jika merupakan seorang penerima, kemungkinan besar kamu belum tahu pengiriman menggunakan kurir apa. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu penyedia jasa ekspedisi yang digunakan untuk pengiriman luar negeri yang akan kamu terima. 

Kebanyakan akan menggunakan FedEx, DHL, UPS, atau pos nasional dari negara pengirim. Umumnya, website masing-masing kurir akan menyediakan opsi pelacakan pengiriman, sehingga penting untuk mengetahui kurir yang digunakan.

3. Buka Web dan Temukan Opsi Pelacakan

Masing-masing web memiliki fitur cek resi pengiriman dari luar negeri yang berbeda-beda. Baik secara tata letak dan bahasa yang digunakan. Sehingga penting untuk mempelajari alur website dan mencari fitur pengecekan tersebut. Biasanya untuk web luar, kamu bisa mencoba cari dengan kata kunci seperti ‘Track & Trace’.

4. Masukkan Nomor Resi

Walaupun caranya bisa saja berbeda-beda, namun kunci utama dalam melakukan pengecekan adalah memasukkan nomor resi yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Pastikan kamu memasukkan nomor resi dengan benar tanpa typo untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Biasanya akan tersedia form kosong yang bisa kamu isi dengan nomor resi. Setelah kamu memastikan bahwa nomor benar, silakan klik “Cari”, “Search”, atau “Lacak”. Sistem akan memproses permintaan dan memunculkan kondisi terkini dari paket yang kamu kirim atau akan kamu terima.

5. Periksa dan Pantau Status Pengiriman

Tahapan terakhir yang bisa kamu lakukan dalam proses cek resi pengiriman dari luar adalah melakukan pemeriksaan dan pemantauan pada status pengiriman. Pada status biasanya akan tertulis sudah terkirim, menuju lokasi A, menuju alamat penerima, dan lain sebagainya. 

Beberapa situs web juga menampilkan informasi terkait status pengiriman barang yang bisa kamu pantau update terkininya. Pantau terus perkembangan pengiriman barang dengan mengunjungi situs web tersebut secara berkala. Sehingga kamu bisa melakukan penanganan sesegera mungkin jika masalah terjadi.

Sudah Bisa Cek Resi Pengiriman dari Luar Negeri Sendiri?

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cek resi pengiriman dari luar negeri, hingga fungsinya bagi pengirim maupun penerima. Karena nomor resi ini cukup penting, pastikan tidak menghilangkan atau menyimpan keterangan penting dari resi tersebut. Nah, jika saat ini berniat melakukan impor, kamu bisa menggunakan layanan Blueray.

BulerayCargo.id merupakan penyedia jasa impor China dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Oleh karena itu, Blueray Cargo sangat cocok untuk kamu jadikan partner dalam mengembangkan bisnis impor. Hingga saat ini, sudah ada puluhan ribu konsumen yang senantiasa menggunakan jasa Blueray Cargo.Jadi, jaminan kualitas layanan sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Tidak perlu khawatir soal pengiriman barang ke luar negeri karena ada Blueray Cargo. Jika tertarik, silakan hubungi kontak Blueray Cargo untuk informasi lebih lanjut sekarang juga!

Facebook
Twitter
LinkedIn