.

Mengenal INSW Serta Perannya dalam Sistem Perdagangan

INSW adalah sebuah kemudahan dari pemerintah yang akan membantu kamu mengembangkan bisnis. Terutama jika kamu berencana membuka bisnis perdagangan, baik barang maupun jasa yang mampu menjangkau banyak konsumen. 

Kebanyakan toko online atau offline yang ramai konsumen, adalah mereka yang mampu menyediakan kelengkapan produk lokal maupun internasional. Sehingga proses ekspor impor juga tak bisa dibendung lagi, karena ada banyak pengusaha yang mulai merambah perdagangan hingga luar negeri.

KEY TAKEAWAYS

Indonesia National Single Window (INSW) merupakan portal penyajian dan pengolahan data terkait semua kegiatan ekspor dan impor di Indonesia.

Informasi yang terlampir pada sistem INSW merupakan data tunggal yang terintegrasi secara real time.

INSW adalah sistem yang memberikan perizinan atas kegiatan dalam kepabeanan dan pengeluaran barang.

Sistem elektronik INSW mampu dijangkau secara online oleh semua importir di Indonesia.

INSW bekerja dengan memadukan alur kegiatan pelayanan dan pengawasan ekspor dan impor di kepabeanan, kebandarudaraan, dan kepelabuhan.

Mengenal INSW dan Peranannya

Siapa sangka, dibalik ramainya gerbang ekspor impor yang keluar masuk ke Indonesia, ternyata ada sebuah sistem pengolahan data yang memiliki peranan tinggi. 

Tanpa portal INSW, mungkin para importir yang mana kebanyakan adalah pemilik perusahaan akan kesulitan menjalankan kegiatan operasionalnya. Lantas seperti apa definisi dan peranannya?

Apa itu INSW?

Indonesia National Single Window atau INSW adalah sebuah sistem layanan dari pemerintah berupa pengolahan data ekspor impor yang terintegrasi secara online. 

Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 10 Tahun 2008, ini merupakan sistem nasional berupa penyampaian data secara tunggal dan sinkron. INSW ini juga menyampaikan data pembuat keputusan tunggal, untuk perizinan kepabeanan dan juga izin pengeluaran barang.

Sebagai sebuah sistem elektronik, sistem ini dapat diakses secara nasional. Dalam prosesnya, sistem memungkinkan mengolah semua data terkait kegiatan ekspor impor. 

Data tersebut juga menyangkut perizinan, kepelabuhanan, kepabeanan, kebandarudaraan, dan semua hal yang berhubungan dengan pelayanan dan pengawasan.

Portal ini juga menjamin keamanan data, dan terintegrasi tunggal. Sehingga semua data yang disajikan merupakan data real time.

Tujuan INSW

Kehadiran INSW adalah sebagai wujud pelayanan untuk semua kegiatan dan operasional yang terjadi di pelabuhan, bandara dan bea cukai, supaya memudahkan alur ekspor dan impor. 

Adanya kelancaran arus keluar masuk barang di Indonesia ini juga menjadi sebuah dukungan atau upaya pemerintah. Selain itu, INSW juga mempermudah para importir dalam menekan biaya logistik nasional di Indonesia.

INSW adalah Sistem Terpadu dengan Peran Penting

  • Pada dasarnya, INSW ini merupakan sistem layanan dan olah data yang menyampaikan informasi secara tunggal.
  • Indonesia National Single Window berperan sebagai pemberi keputusan atas perizinan di kepabeanan.
  • Sebagai sebuah sistem layanan terpadu yang terintegrasi real time, Indonesia National Single Window juga terus beroperasi untuk mengikuti standar keamanan data.
  • Sistem ini mampu melakukan validasi elektronik, sehingga para pengguna dapat memiliki legalitas akses pada portal.
  • Melakukan koordinasi dan juga sinkronisasi data yang cepat dan akurat.
  • Menyediakan audit trail.

Cara Kerja Portal INSW dalam Transaksi Impor

Sebagai sebuah sistem data nasional, INSW adalah sebuah portal penting dengan sistem kerja yang searah dan pasti. Berikut ini cara kerja Indonesia National Single Window dalam pengolahan dan penyajian data.

  1. Sistem yang terdapat di Indonesia National Single Window ini menjadi wadah untuk semua informasi yang berhubungan dengan pembatasan dan juga larangan impor.
  2. Secara teknis, database seputar informasi perizinan impor barang akan terus diperbarui setiap saat.
  3. Sistem dari Indonesia National Single Window akan selalu melakukan pengecekan kesesuaian data Pemberitahuan Impor Barang (PIB). Data ini mencangkup barang yang dikirim oleh PPJK atau importir secara elektronik.
  4. Apabila ada data dari nomor HS yang memerlukan izin, maka portal pada INSW akan melakukan cross-check apakah data tersebut sesuai atau tidak dengan parameter yang bersangkutan.
  5. Biasanya, pengajuan perijinan ini akan memerlukan lebih banyak waktu, sebab tidak selalu Nomor HS yang ada pada PIB memiliki wajib ijin yang mutlak.
  6. Petugas Analysing Point yang berada di kantor pengawasan dan pelayanan Bea Cukai akan melakukan pengecekan konfirmasi pengecekan ulang.
  7. Tapi pada kasus lain, data yang sudah sesuai tak perlu lagi membutuhkan pengecekan lebih lanjut. Dengan begitu, sistem Indonesia National Single Window akan melanjutkannya ke proses penjualan.
  8. Bagi Perizinan Terkait yang dianggap tidak sesuai akan mendapatkan respon penolakan, sehingga PIB tak bisa diproses.

INSW adalah Jendela Kegiatan Operasional Perdagangan

Sistem Indonesia National Single Window ini membawa banyak kemudahan bagi orang-orang yang sering membutuhkan perizinan untuk impor dan ekspor barang. Apalagi, saat ini ada banyak pengusaha yang mengambil stok barang mereka dari luar negeri. Sehingga kegiatan impor ini sulit untuk dibendung.

Berikut adalah perannya yang paling menguntungkan. 

1. Membantu Kelancaran Operasional Bisnis Para Importir

Kamu ingin membuka usaha yang melibatkan banyak kegiatan ekspor impor? Maka memahami sistem INSW adalah landasan penting yang akan banyak membantu kelancaran bisnis. 

Adanya portal Indonesia National Single Window ini juga banyak memberikan keuntungan bagi importir. Barang-barang yang keluar masuk Indonesia tidak perlu membutuhkan birokrasi yang teramat sulit dan lama.

Kamu hanya perlu mengikuti aturan yang berlaku dalam Indonesia National Single Window agar barangmu bisa mendapatkan izin. Biasanya, ada banyak kendala di bagian bea cukai dalam melakukan impor barang. 

Sehingga banyak juga pengusaha yang menggunakan bantuan jasa pihak ketiga dalam membantu melancarkan distribusi keluar dan masuk barang. Seperti Blueray Cargo yang menjadi perusahaan jasa pengiriman dan distribusi barang yang terpercaya. 

2. Mendukung Pengembangan Usaha dengan Layanan Portal INSW

Jika sebelumnya kamu hanya merambah bisnis di kancah nasional, kini saatnya kamu mengembangkan sayap bisnis ke mancanegara. Baik dengan cara memperluas pasar, atau memperbanyak stok barang dengan melakukan pengadaan barang dari luar negeri.

Apapun bisnismu kamu, tentu adanya portal Indonesia National Single Window ini sedikit banyak memberikan dampak positif bagi banyak pihak. Apalagi, untuk para importir yang sering membutuhkan perizinan untuk alur distribusi barang mereka.

3. Memudahkan Akses atas Konfirmasi Perizinan

Salah satu hal yang tidak kalah penting dari INSW adalah ini banyak kemudahan akses untuk para importir di seluruh Indonesia. Sehingga, mereka mampu mengakses dengan mudah dan akurat semua data yang diproses pada portal ini.

Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengurus semua perizinan dan birokrasi, karena sistem Indonesia National Single Window sudah bisa kamu akses via online.

Siap Impor dengan Blueray Cargo?

Apabila kamu ingin melakukan impor dan ekspor, Blueray Cargo adalah pilihan yang tepat. Perusahaan ini adalah top-notch di bidangnya. Selain itu, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik dengan pengiriman aman dan cepat dari ataupun menuju ke Cina.

Kamu tak perlu lagi memikirkan mengenai perizinan seorang diri, karena ada pihak ketiga yang akan membantu distribusi dan menjaga alur operasional kamu. Selain itu, perusahaan ini juga telah lama bekerjasama dengan banyak gudang produksi  untuk barang Cina terbaik.

Jangan khawatir akan reputasinya, sebab sudah banyak pengusaha yang percaya akan perusahaan ini. Jadi, segera hubungi kontak Blueray Cargo untuk meminta panduan cara menggunakan jasanya. Selain itu, kamu juga bisa berhemat sebab pelayanannya sangat terjangkau.  

Sudah Paham INSW?

Indonesia National Single Window atau INSW adalah terobosan baik sebagai upaya pelayanan dan kenyamanan yang telah disediakan oleh pemerintah. Semata demi membantu kelancaran dalam berbagai kegiatan operasional impor barang di seluruh pesisir negara. Baik kebandarudaraan, kepelabuhan dan juga kepabeanan.

Facebook
Twitter
LinkedIn