.

Peluang Usaha Baju, Cari Tahu Cara Menjalankannya!

Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai bisnis. Salah satunya adalah peluang usaha baju. Selain makanan dan minuman, ternyata bisnis fashion juga sangat profit dan tidak ada matinya. Bagi yang masih pemula dan belum siap untuk menghadapi kompetitor, simak langkah menjalankan bisnis baju berikut!

KEY TAKEAWAYS

-Bisnis fashion memang tidak pernah sepi pelanggan. Hal inilah yang membuat peluang usaha baju menjadi bisnis yang cukup potensial untuk digeluti.
-Memulai bisnis fashion tentu membutuhkan banyak pertimbangan. Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, antara lain adalah menentukan modal awal, target balik modal, hingga bagaimana kamu memproduksi pakaiannya.
-Tentunya ada banyak sekali alasan yang mendasari seseorang memulai bisnis baju. Mulai dari sudah pasti ada pembeli, bisnis yang tidak ada matinya, mudah dijalankan, minim modal, produk yang tidak kadaluarsa, harga fleksibel, dan distribusi yang mudah.
-Lewat semua kemungkinan yang menjadi tantangan di masa yang akan datang. Maka, kamu harus memiliki strategi yang baik dalam menjalankan bisnis baju ini.

9 Cara Menjalankan Peluang Usaha Baju

Jika merupakan seorang pemula yang baru terjun ke dunia bisnis, maka usaha baju bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, bisnis baju atau fashion memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan keuntungan. Lantas, bagaimana cara menjalankan bisnis fashion yang benar untuk pemula? Simak di sini:

1. Siapkan Modal yang Cukup

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai menjalankan usaha baju adalah dengan mempersiapkan modal yang cukup. Pastikan modal yang kamu miliki cukup. Karena jika bisnis sampai kekurangan modal, maka akan sangat sulit untuk berkembang.

Dari modal yang ada, kamu bisa menggunakannya untuk membeli stok produk baju dan perlengkapan usaha lainnya. Selain itu, besarnya modal juga bisa kamu sesuaikan dengan sistem bisnis yang kamu pilih. Ada dua jenis sistem bisnis yang bisa kamu pilih, yakni dropshipper dan reseller.

Sistem dropshipper pada umumnya tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai usaha. Berbeda dengan reseller yang mengharuskan kamu membeli stok baju dari produsen untuk kemudian menjualnya kembali.

2. Lakukan Riset Pasar

Sebelum memulai untuk membangun usaha baju, maka sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan atau permintaan pasar. 

Jadi, tentukan target market kamu terlebih dahulu. Ketika sudah menentukan siapa target market kamu, maka kamu bisa lebih mudah menentukan jenis produk yang ingin dipasarkan dan proses pemasarannya. 

Ada beberapa jenis target market yang perlu kamu ketahui. Mulai dari yang ingin membeli baju dengan kualitas terbaik tapi harganya terjangkau, hingga yang ingin model sesuai tren.

Nah, contoh jenis target market ini tentunya akan menentukan jenis barang yang akan kamu jual hingga bagaimana cara memasarkannya. Ketika melakukan riset sejak awal membuka usaha, maka kamu bisa menentukan bisnis fashion apa yang ingin kamu bangun.

3. Buat Business Plan

Business plan menjadi salah satu persiapan yang kamu butuhkan. Khususnya untuk merencanakan beberapa hal berdasarkan riset yang kamu lakukan untuk mengembangkan peluang usaha baju. Mulai dari anggaran bisnis, proses transaksi pengiriman, hingga sistem retur.

Jika ingin memproduksi produk sendiri, maka akan ada beberapa hal tambahan yang perlu kamu pertimbangkan. Mulai dari desain produk, menentukan brand, dan mempersiapkan budget untuk kebutuhan promosi produk.

Kamu bisa tentukan jenis pakaian yang ingin kamu jual. Selain itu, pelajari jenis bahan yang banyak diminati oleh pembeli saat ini. Setelah itu, carilah supplier terpercaya yang nantinya akan memproduksi produk. 

4. Cari Supplier atau Distributor yang Tepat

Cara mengembangkan peluang usaha fashion selanjutnya adalah dengan mencari supplier atau distributor yang tepat. Supplier ini bisa diartikan sebagai pemasok produk yang sudah siap dijual kembali.

Pemilihan supplier ini tentunya tergantung dari jenis bisnis yang akan kamu jalankan. Lantas, bagaimana cara mencari supplier yang tepat? Kamu bisa mengikuti tips berikut:

  • Pilih supplier yang mengikuti trend fashion terkini.
  • Pastikan kamu bisa mengambil keuntungan dari harga yang sudah ditentukan pihak supplier.
  • Pastikan supplier memiliki track record yang baik.
  • Terakhir, barang yang diproduksi supplier harus berkualitas dan memiliki harga bersaing. 

5. Mengikuti Tren

Model dari fashion setiap waktu tentunya akan mengalami perubahan tren. Karena itu, sebagai pelaku bisnis fashion, kamu dituntut untuk selalu up to date dengan tren yang sedang banyak diminati pembeli.

Jaid, jika produk yang kamu jual selalu mengikuti tren terkini, maka sudah pasti akan ada banyak pembeli yang menjadi langganan. Sebab, pembeli akan merasa penasaran dan ingin melihat model terbaru dari produk yang kamu jual.

6. Perhatikan Kualitas

Dalam mengembangkan peluang usaha baju murah, tentu kamu tetap harus memperhatikan perihal kualitas produk yang kamu tawarkan. Hal tersebut sangat penting, karena menjadi salah satu faktor yang menentukan perkembangan dari bisnis yang kamu jalankan.

Jadi, kamu tidak perlu takut hanya karena harga yang bersaing di pasaran. Sebab, setiap produk tentunya memiliki harga yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. 

7. Ciptakan Brand

Brand bukan hanya sebuah logo semata. Namun, brand memiliki berbagai nilai, misi, tujuan, dan cerita di dalamnya. Kamu bisa menciptakan brand yang kuat dengan cara membuat pedoman yang bisa menginformasikan perkembangan bisnis.

Jadi, kamu harus menciptakan brand fashion yang kuat. Caranya dengan menentukan marketing campaign yang baik. Terlebih lagi saat ini kamu sudah bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. 

8. Memaksimalkan Promosi

Dalam proses mengembangkan peluang usaha baju murah, kegiatan promosi menjadi faktor utama untuk mendukung pengenalan produk kepada konsumen. Tentu saja, hal ini bisa mendukung peningkatan penjualan yang kamu lakukan. 

Jadi, pastikan untuk memaksimalkan kegiatan promosi yang kamu lakukan. Baik melalui media sosial, maupun website. Promosikan produk kamu dengan visual yang menarik. Misalnya adalah membuat foto produk berkualitas dengan promo dan diskon khusus. 

9. Lakukan Kerja Sama dengan Influencer

Agar dapat memperkenalkan produk, kamu perlu bekerja sama dengan influencer. Caranya, kamu bisa meminta influencer mengenakan produk yang kamu jual dan mempostingnya melalui media sosial bisnis dan milik influencer tersebut.

Ini akan menjadi pilihan cara promosi yang lebih menarik. Selain itu, jika fashion item yang kamu tawarkan dikenakan oleh orang yang punya influence dan terkenal. Maka, akan ada banyak orang yang menginginkannya dan berniat membelinya. 

Tertarik dengan Peluang Usaha Baju Murah?

Peluang usaha baju menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah sepi peminat. Bagi kamu yang berminat untuk membuka bisnis fashion, maka perlu memilih jasa cargo terbaik. Terlebih jika kamu juga melakukan pengiriman untuk area luar negeri. 

Nah, sebagai rekomendasinya, kamu bisa menggunakan jasa importir dari BlueRayCargo.ID. BlueRayCargo.ID merupakan jasa importir barang China terbaik yang fokus pada kecepatan dan kenyamanan konsumen dan berpengalaman selama 20 tahun. 

Kamu juga akan mendapat garansi untuk setiap barang. Jadi, keamanan barang sudah sangat terjamin. Nah, bagi kamu yang tertarik dan ingin mengetahui informasi lengkapnya bisa langsung menghubungi kontak Blueray. Mari jalankan bisnis bersama Blueray!

Facebook
Twitter
LinkedIn