.

Globalisasi Ekonomi: Pengertian, Ciri-Ciri Dampak, dan Bentuknya

Sekarang teknologi sudah semakin memudahkan berbagai aktivitas serta komunikasi manusia di dunia dan kamu bisa menyebutnya sebagai globalisasi. Lalu globalisasi ini pun mulai berkaitan dengan berbagai bidang salah satunya ekonomi. Berikut ini akan membahas mengenai globalisasi ekonomi.

KEY TAKEAWAYS

  • Globalisasi ekonomi saling terhubung antar perusahaan satu dengan lainnya dalam pasar internasional.
  • Tujuan globalisasi ekonomi yaitu mencari keuntungan yang besar dalam pasar internasional seperti impor atau ekspor.
  • Dampak globalisasi ekonomi adalah mendorong perekonomian dunia menjadi lebih baik.

Apa Itu Globalisasi Ekonomi?

Sebelum ke penjelasan lebih dalam lagi, kamu harus mengetahui pengertian dari globalisasi ekonomi ini. Globalisasi ekonomi adalah saling terhubungnya kegiatan perdagangan di dunia yang meliputi teknologi, jasa, barang, hingga modal. 

Terjadinya globalisasi ekonomi ini dipicu karena perkembangan informasi yang sifatnya produksi, distribusi, pemasaran, dan bahkan teknologi. Kemudian globalisasi ini memiliki pandangan yang luas terhadap kesatuan dunia. 

Selain itu, fenomena ini berkaitan dengan perdagangan bebas yang nantinya akan menghapus hambatan perdagangan dunia yang ada. Untuk hambatannya sendiri contohnya penetapan harga ekspor dan impor yang cukup tinggi sehingga membuat harga barang tidak bisa bersaing. 

Ciri-ciri Globalisasi Ekonomi

Untuk memudahkan kamu mengenali globalisasi ekonomi ini, ketahui ciri-cirinya yaitu:

  • Operasionalnya melibatkan lebih dari satu negara dan setiap perusahaan akan memproduksi dan menjual hasilnya secara internasional.  
  • Memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan persaingan dagang internasional.
  • Mudahnya menjangkau pasar secara internasional karena operasinya ada di seluruh dunia. 
  • Saling ketergantungan dalam pasar ekonomi di dunia. 
  • Kegiatan dan jumlah produksi sebuah perusahaan akan meningkat. 
  • Banyaknya tenaga kerja asing yang masuk ke dalam negeri. 
  • Modal semakin banyak. Untuk modal tersebut merupakan modal asing yang nantinya jika semakin banyak maka bisa menjadikan aktivitas ekonomi mudah berjalan. 

Dampak Globalisasi Ekonomi

Selanjutnya mengenai dampak atau pengaruh dari adanya fenomena tersebut. Untuk dampak-dampaknya, yaitu sebagai berikut.

1. Dampak Positif

Untuk penjelasan yang pertama yaitu dampak positif dari globalisasi ekonomi, yaitu:

  • Adanya kemudahan dalam mekanisme dan peluang investasi di tingkat internasional. 
  • Dapat memicu pertumbuhan perekonomian bagi negara tujuan agar bisa lebih berkembang. 
  • Bisa meningkatkan pendapatan atau keuntungan setiap negara berkembang karena adanya kebebasan dalam perdagangan internasional. 
  • Memberikan dorongan untuk membuat negara-negara di dunia bisa mengalami perekonomian yang maju. 
  • Membuat komoditas barang ataupun jasa memiliki banyak variasi. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya tawaran barang atau jasa dari negara lain dan juga melihat kebutuhan masyarakat. 
  • Memberikan peluang kepada setiap negara agar dapat bersaing di pasar internasional secara tepat.

2. Dampak Negatif

Adapun dampak negatif dari globalisasi ekonomi yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Menjadikan peluang dalam peningkatan ekonomi yang tidak stabil dan memicu peristiwa atau krisis pada suatu negara. Contohnya muncul peristiwa penyerangan teroris, perang, dan lain sebagainya.
  • Menyebabkan penyesuaian ekonomi pada sebuah negara kurang berjalan dengan baik. Keadaan tersebut bisa terjadi karena negara harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dalam pasar internasional. 
  • Membuat pendapatan perkapita yang tidak seimbang antara negara maju dan berkembang.
  • Masih dalam hal pendapatan, namun di dalam negeri tidak bisa merata. Dampak tersebut bisa terjadi hanya pada wilayah yang terkena globalisasi.
  • Bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan tersebut bisa terjadi karena aktivitas industri hingga konsumsi yang semakin banyak. 
  • Menurunnya tingkat keamanan di lingkup pekerjaan. Keadaan tersebut bisa terjadi karena lingkup pasar semakin luas sehingga tidak bisa memastikan keamanan saat transaksi dan bekerja. 

Bentuk Globalisasi Ekonomi

Selain itu, terdapat beberapa bentuk dari globalisasi ekonomi yang tentunya memiliki karakteristik berbeda. Untuk bentuk-bentuknya, antara lain:

1. Bentuk Jaringan Informasi

Bentuk yang pertama adalah jaringan informasi. Tentunya bentuk jaringan informasi ini bisa kamu lihat dengan adanya perkembangan teknologi. Dengan adanya teknologi tersebut bisa membuat pertukaran informasi menjadi lebih cepat, tepat, dan akurat. 

Kemudian perlu kamu ketahui bahwa penyampaian informasi ini bisa dilakukan dengan berbagai media komunikasi. Misalnya saja dengan televisi, radio, dan internet. Seperti yang kamu tahu bahwa internet bisa menyebarkan informasi secara cepat. Lalu jika tidak ada akses internet tentunya bisa memakai televisi atau radio.

Lalu untuk contoh penerapan bentuk jaringan informasi ini yaitu mengenai promosi sebuah produk. Nantinya promosi tersebut bisa terlihat oleh perusahaan lainnya melalui media offline seperti radio atau televisi, dan media online seperti website. Dengan begitu bisa menjadikan pedoman di pasar internasional. 

2. Bentuk Produksi

Untuk bentuk globalisasi ekonomi berikutnya adalah terkait produksi. Maksud dari produksi ini yaitu adanya satu atau lebih perusahaan yang berdiri dalam satu negara. Berdirinya perusahaan-perusahaan itu ternyata memiliki tujuan untuk menekan biaya produksi. 

Biasanya mendirikan perusahaan pada satu negara dengan tujuan seperti itu tentunya memiliki pertimbangan. Pertimbangan tersebut biasanya seperti adanya bea masuk pada suatu negara yang murah dan pemberlakuan upah pekerja yang rendah.

Kemudian perlu kamu ketahui juga bahwa perusahaan yang melakukan bentuk produksi ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur. Salah satu pilihan negara yang menjadi tujuan dengan bentuk produksi ini yaitu Indonesia. Sehingga sekarang ini banyak industri manufaktur yang telah berdiri. 

3. Bentuk Tenaga Kerja

Selanjutnya, bentuk globalisasi ini adalah mengenai tenaga kerja. Seperti yang kamu tahu bahwa tenaga kerja merupakan sumber daya penting bagi sebuah perusahaan. Lalu bentuk tenaga kerja ini bisa berupa tenaga kerja asing yang sengaja didatangkan dari negara lain ke negara pilihan. 

Biasanya para tenaga kerja yang bekerja di negara tertentu karena penghasilannya berbeda dengan negara asal. Sehingga tidak heran banyak tenaga kerja yang masuk ke dalam negeri dengan asal tempat tinggal berbeda. 

Kemudian tenaga kerja asing yang bekerja di negara tertentu itu pastinya sembari memikirkan kemampuan dan keahlian mereka. Misalnya negara Indonesia yang mendatangkan tenaga kerja asing seperti buruh dan staf operasional yang tidak perlu kamu ragukan pengalaman kerjanya. 

4. Pembiayaan

Adapun bentuk lainnya dari globalisasi ekonomi adalah mengenai pembiayaan. Hal tersebut biasanya terlihat pada perusahaan yang ingin atau sudah mengajukan pembiayaan pinjaman atau investasi. Tentunya pembiayaan pinjaman atau investasi itu berguna untuk mengembangkan sebuah perusahaan. 

Agar kamu lebih mudah memahaminya, terdapat contoh sebagai gambaran. Untuk contohnya sendiri seperti PT Jasa Marga yang menerapkan pembiayaan dengan sistem build operate transfer atau BOT. Pembiayaan itu berguna untuk memperluas jaringan jalan tol.

Contoh lainnya yaitu pada PT Telkom yang melakukan pembiayaan untuk memperluas jaringan telepon.

5. Bentuk Perdagangan

Bentuk yang terakhir adalah mengenai perdagangan. Dalam bentuk perdagangan ini bisa terlihat dengan adanya penyamaan harga dan menurunkan harga ekspor impor pada suatu negara. Sehingga dapat membuat pasar internasional menjadi lebih tepat, cepat, dan adil.

Sudah Tahu tentang Globalisasi Ekonomi?

Itulah beberapa penjelasan mengenai globalisasi ekonomi. Nah dalam menunjang kegiatan perdagangan internasional pastinya perlu melakukan impor atau ekspor barang dari dan ke luar negeri. Jika kamu nantinya ingin mengimpor barang bisa memakai jasa dari Blueraycargo.id sebagai importir barang China terbaik.Dengan memakai jasa tersebut, kamu akan terbantu masalah impor barang hingga nantinya aman sampai ke lokasi tujuan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jasa ini bisa menghubungi kontak Blueray.

Facebook
Twitter
LinkedIn