.

10 Contoh Analisis SWOT Bisnis Kuliner Lengkap

10 Contoh Analisis SWOT Bisnis Kuliner Lengkap

Makanan bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan dasar, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup. Tak khayal jika bisnis kuliner bisa awet dari generasi ke generasi. Bagi pemula yang ingin menggeluti bisnis kuliner, pastikan terlebih dahulu melakukan analisis SWOT bisnis kuliner.

Pasalnya, analisis ini dapat mengetahui kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) bisnis. Kamu bisa menggunakan hasil analisis SWOT untuk mengatur strategi jitu, supaya dapat mencapai target. Intip 10 contoh analisis SWOT dengan membaca artikel berikut!

10 Contoh Analisis SWOT dalam Bisnis Kuliner

Supaya bisnis kuliner yang kamu geluti tidak kalah saing dengan menjamurnya kompetitor, silakan simak contoh analisis SWOT dalam bisnis kuliner di bawah ini!

1. Es Dawet

Analisis SWOT Bisnis Es Dawet
Analisis SWOT Bisnis Es Dawet | Sumber: Tugumalang.id

Dawet merupakan minuman dingin tradisional dengan citarasa manis dan gurih, berikut analisisnya.

Kekuatan (Strength)

  • Modal terjangkau;
  • Harga jual relatif terjangkau bagi konsumen; dan
  • Mudah mendapatkan bahan baku.

Kelemahan (Weakness)

  • Hanya menyegarkan, tetapi tidak mengenyangkan;
  • Banyak kompetitor; dan
  • Kompetitor lain mudah menirukan produk tersebut.

Peluang (Opportunity)

  • Sesuai dengan iklim di Indonesia;
  • Lokasi jualan lebih fleksibel; dan
  • Cocok sebagai pelepas dahaga atau minuman pendamping.

Ancaman (Threat)

  • Kondisi musim mempengaruhi daya beli konsumen;
  • Harga bahan baku mengikuti dinamika perekonomian, sehingga tidak stabil;
  • Banyak kompetitor penjual minuman rasa-rasa kekinian;
  • Harga jual pesaing lebih murah;

Baca Juga: 15+ Aneka Takjil Kekinian Terlaris Cocok untuk Jualan

2. Bisnis Kopi

Analisis SWOT Bisnis Kopi
Analisis SWOT Bisnis Kopi | Sumber: Freepik

Jika tertarik membuka bisnis minuman aneka kopi, silakan intip contoh analisis SWOT bisnis kuliner berikut.

Kekuatan (Strength)

  • Kopi mempunyai banyak peminat dari berbagai lapisan usia;
  • Kopi mempunyai banyak jenis,seperti Robusta dan Arabika;
  • Profit margin minuman kopi lumayan tinggi; serta
  • Konsumen minuman kopi cenderung setia dan memesan secara berulang.

Kekurangan (Weakness)

  • Pasokan kopi berkualitas masih terbatas;
  • Banyak pesaing bisnis minuman kopi; serta
  • Mengolah kopi memerlukan keahlian dan peralatan khusus.

Peluang (Opportunity)

  • Minat masyarakat terhadap kopi terus meningkat;
  • Produksi kopi semakin efisien, dengan dukungan teknologi; serta
  • Perkembangan dan pertumbuhan pasar kopi di Indonesia signifikan.

Ancaman (Threat)

  • Harga biji kopi tidak stabil;
  • Banyak merek kopi baru bermunculan, sehingga mengubah tren konsumen; serta
  • Pengusaha minuman kopi skala besar mempunyai dana besar, sehingga dapat mendistribusikan produknya lebih luas dan iklan yang lebih gencar.

3. Frozen Food

Analisis SWOT Bisnis Frozen Food
Analisis SWOT Bisnis Frozen Food | Sumber: Mokapos.com

Frozen food ramai peminat, karena praktis dan tahan lama. Ikuti contoh analisis SWOT dalam bisnis kuliner frozen food berikut ini!

Kekuatan (Strength)

  • Tahan lama dengan penyimpanan yang baik di kulkas;
  • Banyak varian produk, seperti sosis, nugget, kentang, cireng, baso, atau dimsum; serta
  • Proses penyajian mudah, karena cukup dengan menggoreng atau mengukusnya.

Kekurangan (Weakness)

  • Pengiriman jarak jauh mempunyai risiko kerusakan yang tinggi, dan
  • Memerlukan kulkas khusus untuk menyimpan, supaya tidak mudah rusak.

Peluang (Opportunity)

  • Menu favorit konsumen yang tidak bisa atau kurang suka memasak;
  • Menghemat waktu konsumen, karena proses mengolah yang praktis; serta
  • Cocok untuk semua segmen usia.

Ancaman (Threat)

  • Banyak produk tiruan dengan harga jual lebih murah; dan
  • Kompetitor frozen food menjamur.

4. Makanan Korea

Analisis SWOT Bisnis Makanan Korea
Analisis SWOT Bisnis Makanan Korea | Sumber: Tastingtable.com

Berikut adalah contoh analisis SWOT bisnis kuliner makanan Korea di Indonesia.

Kelebihan (Strength)

  • Banyak diminati penggemar drama Korea;
  • Menggugah selera dengan tampilannya yang menarik; dan
  • Menu makanan bervariasi.

Kekurangan (Weakness)

  • Proses mengolah makanan sulit;
  • Ketersediaan bahan baku sulit; dan
  • Tidak semua makanan cocok di lidah orang Indonesia.

Peluang (Opportunity)

  • Budaya Korea Selatan sedang viral, sehingga banyak masyarakat yang penasaran;
  • Pemasaran bisa dilakukan secara online; dan
  • Banyak reseller yang menyediakan makanan Korea Selatan.

Ancaman (Treath)

  • Kuliner Korea hanya tren sementara;
  • Tidak cocok dengan selera orang Indonesia; dan
  • Banyak pesaing makanan Korea Selatan.

5. Pempek Palembang

Analisis SWOT Bisnis Pempek Palembang
Analisis SWOT Bisnis Pempek Palembang | Sumber: Pagaralampos.disway.id

Contoh analisis SWOT bisnis kuliner lainnya adalah pempek Palembang. Yuk, intip di bawah ini!

Kekuatan (Strength)

  • Rasa makanan khas Palembang ini cocok di lidah konsumen Indonesia;
  • Ketersedian bahan baku melimpah;
  • Modal usaha relatif kecil; dan
  • Proses produksi mudah.

Kelemahan (Weakness)

  • Mengandung ikan atau seafood yang dapat memicu alergi;
  • Tidak cocok menjadi makan utama; dan
  • Tidak mengenyangkan konsumen.

Peluang (Opportunity)

  • Pempek mempunyai bentuk bervariasi;
  • Alternatif makanan pembuka; dan
  • Produsen bisa membuat inovasi rasa.

Ancaman (Threat)

  • Banyak kompetitor yang menjual pempek aneka rasa;
  • Banyak makanan pendatang baru yang sedang viral; dan
  • Konsumen mudah bosan dengan rasa pempek.

6. Seblak

Apakah bisnis Seblak memberikan peluang keuntungan menjanjikan? Cari tahu analisis SWOT bisnis kuliner khas Sunda sebagai berikut.

Kelebihan (Strength)

  • Rasa produk khas dan unik;
  • Mudah mendapatkan bahan baku; serta
  • Cara mengolah cukup seblak cukup mudah.

Kekurangan (Weakness)

  • Termasuk jenis jajan baru dan tidak semua masyarakat familiar; serta
  • Rasa cenderung monoton.

Peluang (Opportunity)

  • Bisa membuat inovasi rasa, supaya lebih menarik;
  • Membuka pasar di kota dan daerah lain; serta
  • Memperkenalkan seblak untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, agar penasaran dan tertarik.

Ancaman (Threat)

  • Kompetitor seblak sangat tinggi; dan
  • Perlu modal besar untuk mempromosikan produk ke masyarakat luas.

7. Rice Bowl

Rice bowl merupakan makanan kekinian ala Jepang dan Korea Selatan yang sedang marak. Lantas, bagaimana analisis SWOT bisnis kuliner rice bowl? Intip yuk!

Kelebihan (Strength)

  • Rasa gurih dan enak;
  • Menu bervariasi; serta
  • Harga relatif terjangkau.

Kekurangan (Weakness)

  • Dekorasi kurang menarik; dan
  • Porsi terlalu besar, karena menggunakan mangkok.

Peluang (Opportunity)

  • Disukai banyak konsumen; dan
  • Banyak tempat yang menyediakan menu rice bowl.

Ancaman (Threat)

  • Banyak kompetitor usaha serupa; dan
  • Mudah tergeser dengan tren makanan viral lainnya.

8. Salad Buah

Salad buah merupakan jajanan sehat, karena terdiri dari berbagai macam buah. Simak analisis SWOT bisnis kuliner ini!

Kelebihan (Strength)

  • Makanan sehat dan cocok untuk konsumen yang sedang diet;
  • Harga relatif terjangkau;
  • Bahan baku mudah didapat; serta
  • Rasa segar dan enak.

Kekurangan (Weakness)

  • Proses pembuatan memakan waktu;
  • Hanya dijual di tempat tertentu; dan
  • Mudah basi atau tidak tahan lama.

Peluang (Opportunity)

  • Bisa menggunakan berbagai macam buah; dan
  • Cocok untuk jualan online.

Ancaman (Threat)

  • Banyak pesaing bisnis salad buah;
  • Tidak semua konsumen menyukai jenis buah yang digunakan; dan
  • Banyak bisnis jus buah yang menjadi kompetitor.

9. Ayam Geprek

Bagaimana analisis SWOT bisnis kuliner ayam geprek? Temukan jawabannya berikut!

Kelebihan (Strength)

  • Harga relatif terjangkau;
  • Dapat dikreasikan dengan berbagai jenis sambal; dan
  • Ayam merupakan jenis daging yang banyak gemari masyarakat.

Kekurangan (Weakness)

  • Makanan yang tidak sehat dan berlemak;
  • Banyak mengandung penyedap atau MSG; dan
  • Tidak cocok dikonsumsi anak-anak.

Peluang (Opportunity)

  • Cocok untuk acara pesta dan arisan;
  • Bisa mengkolaborasikannya dengan bahan-bahan sehat dan organik; serta
  • Menghidangkan dengan tampilan yang menarik.

Ancaman (Threat)

  • Banyak bermunculan kompetitor serupa dengan inovasi terbaru.

10. Keripik Tempe

Bagaimana peluang bisnis keripik tempe? Simak analisis SWOT bisnis kuliner camilan berikut ini!

Kelebihan (Strength)

  • Tersedia kemasan kecil;
  • Harga terjangkau;
  • Mengandung protein; dan
  • Banyak varian rasa.

Kekurangan (Weakness)

  • Kualitas keripik tergantung tempe; serta
  • Kuantitas dan kualitas bahan baku keripik tidak stabil.

Peluang (Opportunity)

  • Bahan baku didukung pemerintah; dan
  • Bisa dikembangkan menjadi lebih banyak varian produk.

Ancaman (Threat)

  • Pesaing bisnis keripik tempe menjamur; dan
  • Risiko produksi tidak stabil, karena bahan baku tidak konsisten.

Baca Juga: 20 Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil Terlaris

Sudah Bisa Menerapkan Analisis SWOT Bisnis Kuliner?

Melakukan analisis SWOT bisnis kuliner merupakan langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum memulai usaha. Dengan demikian, kamu bisa melakukan antisipasi dan menyiapkan strategi yang cocok untuk perkembangan bisnismu.

Analisis SWOT akan membantu bisnismu eksis lebih lama di antara gempuran kompetitor lama maupun pendatang baru.

Facebook
Twitter
LinkedIn