Inilah Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding

Logistic shipping worker team work working in shipping port cargo containers for export and import goods monitor with laptop computer. (Logistic shipping worker team work working in shipping port cargo containers for export and import goods monitor wi

Dunia bisnis tentunya lekat hubungannya dengan jasa pengiriman. Jasa pengiriman menjadi partner bisnis dan mitra utama yang memegang peran penting dalam mengantarkan produk dari supplier ke tangan konsumen. Dalam dunia pengiriman, terdapat 2 jenis jasa yang terkadang membuat orang bingung mengenai perbedaannya, yaitu jasa logistik dan freight forwarder.

Keduanya sama-sama memberikan layanan pengiriman, lalu apa bedanya jasa logistik dan freight forwarder?

Jasa Logistik

Jasa logistik alias jasa ekspedisi, merupakan perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman dalam jumlah kecil. Penentuan tarif jasa ini didasarkan pada berat dan volume barang, serta jarak pengirimannya. Jasa logistik akan mengantar barang ke alamat tujuan penerima.

Pendistribusian barang melalui jasa logistik dapat terjadi via darat, air, maupun udara. Sementara jangkauannya meliputi pengiriman antar kota, antar daerah, maupun antar pulau, hingga pengiriman internasional. 

Biasanya, jasa logistik memiliki kantor cabang di setiap penjuru nusantara, terletak di setiap daerah di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pendistribusian dan penerimaan barang.

Freight Forwarder

Definisi mengenai freight forwarder sendiri adalah sebuah jasa yang melayani penataan gudang dan pengiriman barang sebagai wakil pengirim. Perusahaan freight forwarding bertindak sebagai perantara antara supplier barang dengan jasa pengiriman barang dari dan ke luar negeri.

Pelayanan freight forwarder antara lain tracking pengiriman barang, mempersiapkan dokumen untuk pemesanan dan pengiriman barang, hingga memberi jasa negosiasi barang yang akan penjual beli. Pengirimannya pun dalam jumlah besar. 

Banyak keuntungan apabila kamu memakai jasa freight forwarder. Jasa ini juga akan mengurus kepabeanan barang, syarat, serta dokumen yang diperlukan selama proses ekspor-impor.

Blueray Cargo bisa jadi solusi bagi kamu dalam mencari freight forwarder di Indonesia. Selain membantu melaksanakan pengiriman melalui udara dan laut, Blueray Cargo juga menawarkan manajemen pergudangan yang unggul daripada freight forwarder lain.

Sekarang sudah paham perbedaan jasa logistik dan freight forwarder?

Setelah memahami dan mengetahui pengertian, fungsi, serta pendistribusian masing-masing jasa pengiriman, kamu tak akan bingung lagi untuk menentukan kapan harus mengirim barang lewat jasa logistik dan freight forwarder.

Untuk pengiriman barang khususnya dari China ke Indonesia, freight forwarder barang China Blueray Cargo hadir sebagai solusi yang aman dan terpercaya. Hubungi Blueray Cargo sekarang untuk memudahkan urusan impormu! Tunggu apalagi?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis