.

Apa itu Jastip? Pengertian, Cara, dan Tips Memulainya

Kalkulator CBM

Perkembangan zaman membuat banyak sekali munculnya inovasi bisnis kreatif yang tentunya memiliki peluang besar. Salah satu jenis bisnis yang memiliki peluang besar ini adalah jasa titip. Jastip adalah inovasi bisnis yang lahir seiring dengan berkembangnya digitalisasi. Simak ulasan menarik tentang hal tersebut di sini!

KEY TAKEAWAYS

-Jastip adalah akronim dari jasa titip merupakan jenis usaha dalam bidang jasa untuk membelikan sebuah produk di tempat tertentu.
-Keuntungan dari jastip adalah bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar dan memiliki resiko yang sangat minim.
-Langkah memulai jastip tergolong mudah seperti melakukan riset pasar, membangun koneksi dan marketing yang baik.
-Jika melakukan jasa titip barang dari luar negeri, kamu perlu memahami sistem impor.

Apa Itu Jastip?

Jasa titip atau jastip adalah usaha inovatif dalam bidang penyedia jasa untuk membantu para konsumennya membeli produk di tempat tertentu. Penyedia jasa titip akan mendapatkan keuntungan dari layanan yang disediakannya. Uniknya, bisnis ini merupakan salah satu jenis bisnis tanpa modal.

Adanya jasa titip bermula dari banyaknya informasi mengenai suatu barang di suatu tempat yang jauh. Hingga akhirnya barang tersebut menarik minat para pembeli. Namun, karena letaknya yang jauh pembeli merasa kesulitan untuk menjangkaunya. Sehingga muncullah ide untuk memulai bisnis jasa titip yang menarik ini. 

Apa Saja Keuntungan dari Bisnis Jastip?

Setelah mengerti apa itu pengertian jasa titip. Maka, selanjutnya kamu akan memahami berbagai keuntungan dari jasa titip yang bisa kamu dapatkan. Berikut adalah beberapa di antaranya: 

1. Memulai Bisnis Tanpa Modal

Bisnis jasa titip merupakan salah satu jenis usaha tanpa modal. Selain itu, cara kerja bisnis ini juga cukup sederhana. 

Nantinya, penyedia bisnis akan mempromosikan berbagai jenis barang yang dapat dibeli, kemudian pelanggan akan membayarkan uang sejumlah harga barang tambah dengan biaya jasa. Setelah pembayaran barulah penyedia jasa bekerja. 

2. Memiliki Tingkat Resiko yang Minim

Karena merupakan usaha tanpa modal, jastip adalah bisnis yang memiliki tingkat resiko yang sangat minim. 

Pelaku usaha tidak perlu melakukan stock barang, sehingga resiko barang rusak tidak terlalu tinggi. Selain itu, kerugian atas jasa titip bisa dikatakan hampir tidak ada. Karena pelanggan akan membayarkan uang pada awal transaksi.

3. Keuntungan yang Diperoleh Besar

Selain tingkat risiko yang minim, penyedia layanan jasa titip juga bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Namun, sebelum bisa memperoleh keuntungan kamu perlu mengetahui harga pasar untuk layanan ini. Umumnya, biaya jasa titip berkisar antara 10% hingga 20% dari harga barang. 

Cara dan Tips untuk Memulai Bisnis Jasa Titip

Setelah mengetahui berbagai keuntungan jasa titip, kamu mungkin mulai tertarik untuk melakukan bisnis satu ini. Berikut ini adalah beberapa cara dan tips untuk memulai layanan jasa titip:

1. Melakukan Riset Pasar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam memulai bisnis jastip adalah melakukan riset pasar. Ini perlu kamu lakukan untuk mengetahui jenis barang apa yang memiliki banyak peminat. 

Ketika kamu sudah mengetahuinya, maka bisnis jasa titip akan memiliki potensi untuk digunakan banyak pelanggan. Dalam melakukan riset pasar ini, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Contohnya sebagai berikut:

  • Melakukan riset pasar secara langsung. Kamu dapat melakukan wawancara singkat kepada orang sekitar. Misalnya seperti teman dan keluarga terkait jenis barang apa yang cocok untuk jasa titip.
  • Melakukan riset kompetitor dengan melihat penyedia jasa sejenis. Lalu, coba untuk lihat barang apa saja yang sedang mereka jual ataupun jenis barang yang paling laris terjual.
  • Melakukan survei menggunakan kuesioner. Sekarang ini, kamu dapat dengan mudah melakukan survei online menggunakan bantuan Google Form atau Typeform.
  • Melakukan riset menggunakan sumber data statistik, seperti Google Analytics atau Google Trends. 

2. Menjalin Koneksi dengan Penyedia Barang

Setelah mengetahui minat barang dari calon pelanggan, maka cara selanjutnya untuk memulai jasa titip adalah menjalin koneksi dengan pihak penyedia barang atau supplier. Kamu dapat mencari kontak penyedia barang melalui sosial media yang tersedia, maupun dari internet. 

Lakukan negosiasi mengenai pembelian barang. Biasanya, pembelian barang dalam jumlah besar akan jauh lebih murah. Walaupun kamu tidak dapat terhubung langsung dengan penyedia barang, pastikan kamu tetap update tentang lokasi toko dan barang apa saja yang sedang ready stock. 

3. Melakukan Marketing yang Menarik

Cara paling penting dalam menjalankan bisnis jastip adalah melakukan marketing yang menarik. Marketing merupakan ujung tombak dari semua bisnis. Lewat adanya rencana marketing yang jelas, maka pelanggan akan lebih mengenal bisnis dan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan marketing untuk bisnis jasa titip:

  • Gunakan media sosial sebagai tempat untuk melakukan promosi dan meletakkan katalog. Kamu bisa menggunakan Instagram, Tiktok, Facebook, hingga Twitter
  • Gunakan foto produk yang menarik. Apabila memungkinkan, lakukan foto produk secara pribadi dengan menggunakan kamera yang berkualitas dan pencahayaan yang baik. Hindari foto produk buram untuk promosi.
  • Manfaatkan fitur iklan berbayar yang tersedia di berbagai platform media sosial. Seperti Instagram Ads, Tiktok Ads, Google Ads, hingga Facebook Ads. Biaya promosi biasanya mulai dari Rp20.000,00 saja
  • Gunakan copywriting yang menarik untuk setiap konten yang kamu buat. 

4. Berikan Berbagai Pelayanan Menarik

Cara dan tips terakhir untuk memulai bisnis jasa titip adalah memberikan berbagai layanan yang menarik untuk pelanggan. Adanya layanan yang menarik ini akan menjadi salah satu keunggulan untuk bisnismu jika dibandingkan dengan kompetitor sejenis lainnya. Kamu bisa melakukan inovasi layanan seperti: 

  • Penyediaan sistem cod atau cash on delivery untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran. Selain itu, adanya COD juga cenderung lebih terpercaya dibanding pembayaran lainnya. 
  • Penyediaan pesanan by request. Jika ada pelanggan yang ingin membeli barang, namun tidak ada di katalog bisnismu. Maka, hal tersebut akan menjadi masalah. Oleh karena itu, sediakan pilihan barang by request yang bebas untuk dipilih. 

Sudah Siap untuk Memulai Bisnis Jastip Milikmu Sendiri?

Berikut tadi adalah ulasan mengenai jastip yang penting untuk kamu ketahui. Salah satu produk yang memiliki peminat tinggi di pasar Indonesia adalah barang dari China. Apabila kamu ingin memulai bisnis jasa titip dari negara China, kamu bisa memulai belajar import barang dari china bersama Blueray Cargo. Kamu akan diajarkan sampai mahir untuk menjadi importir secara lengkap dan gratis. 

Layanan logistik ini telah memiliki pengalaman dalam bidang ekspor dan impor selama 20 tahun lamanya. Sehingga, kamu tidak perlu takut barangmu mengalami masalah dokumen impor dan sebagainya. Tak hanya itu, pengiriman barang di Blueray Cargo bergaransi 100% sehingga barangmu dijamin aman.

Blueray Cargo juga telah memiliki 4 gudang pendukung di negara China. Puluhan ribu pelanggan di seluruh Indonesia telah merasa puas ketika menggunakan layanan dari Blueray Cargo. Sekarang memulai usaha impor akan jauh lebih mudah dan praktis. Jangan ragu! Hubungi kontak Blueray Cargo sekarang juga!

Facebook
Twitter
LinkedIn