.

Yiwu China: Lokasi dan Cara Berbelanja Grosir untuk Barang Dagangmu

China memang menjadi pusat perbelanjaan cukup terkenal dan favorit untuk semua orang. Hal ini karena barang dari China cukup lengkap, memiliki banyak variasi, dan harganya juga cukup murah untuk kamu jadikan barang modal. Lokasi paling sering menjadi tempat “berburu” para pebisnis adalah Yiwu China. Yuk, simak penjelasannya!

KEY TAKEAWAYS:

-Yiwu China adalah pusat perdagangan terbesar para ekspor dan impor di China.
-Pasar ini menjual banyak variasi barang dengan harga yang sangat miring.
-Berada di kabupaten Yiwu dan buka setiap hari, kecuali pada musim semi.
-Kamu bisa menaiki transportasi darat dari kota Shanghai, Shenzhen, dan Hangzhou.

Apa Itu Yiwu China?

Bisnis online memang menguntungkan. Salah satu kelebihannya adalah kita bisa menjual barang dari mana saja. Nah, jika kamu sering memperhatikan, bisnis online yang memiliki barang lucu-lucu kebanyakan dari China. Salah satu kota perdagangan yang sangat populer di China adalah Yiwu.

Sangking besarnya, pasar ini sudah termasuk ke dalam skala internasional. Banyak pelancong maupun warga negara China yang berbelanja ke sana, karena barang-barangnya yang cukup lengkap dengan harga yang relatif murah daripada jika kalian membeli di tempat lain.

Disebut sebagai kota perdagangan Internasional, Yiwu China ini bertempat pada Zhejiang China dan panjangnya hampir mencapai 7 km. Menurut survey setempat, tercatat ada sekitar belasan ribu pedagang asing yang berjualan di sini yang mengirim barangnya hampir ke 100 negara dan memiliki 70 ribu stan toko yang ada di dalamnya. 

Sejarah Yiwu China

Tidak hanya terkenal sebagai kota perdagangan terbesar, Yiwu China juga memiliki sejarah yang cukup unik untuk kamu ketahui. Pada awalnya, kota Yiwu ini menjadi kota termiskin yang penduduknya sebagian besar adalah petani. 

Nah, karena petani pada umumnya tidak memiliki gaji yang cukup, para petani akhirnya merambatkan jualannya menjadi berdagang.

Pada mulanya, yang dijual di pasar Yiwu kebanyakan adalah bulu ayam dan membuat beberapa macam kebutuhan rumah tangga dari bahan seadanya. Namun, seiring berjalannya waktu, pasar Yiwu mulai terkenal ke seluruh China dan sampai ke luar negeri.

Karena semakin hari pasar Yiwu memiliki banyak peminat, akhirnya para pemerintah China membuka stand khusus yang dibuat dari semen di dekat jalan Huqingmen. Pada awalnya, hanya 700 buah saja, namun semakin hari banyak pedagang yang ingin berjualan di Yiwu, sehingga jumlah stand semennya ada banyak sekali.

Yang membuat semakin menarik, sistem penjualan pada pasar Yiwu ini cukup beragam. Memang kebanyakan orang akan menjual grosiran, alias hanya sebagai distributor barang ke pihak kedua, agar pihak kedua menjual kembali. Namun, ada juga beberapa stand dan penjual yang memberikan pembelian satuan kepada pembelinya.

Pasar Yiwu buka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai 5 sore, dan tutup hanya pada saat liburan musim semi China. 

Jenis Produk yang Dijual

Seperti yang terbilang sebelumnya, pasar Yiwu sendiri menjual banyak barang dengan segala varian dan harganya mulai dari harga termurah sampai harga paling mahal. Beberapa jenis barang yang sering menjadi barang favorit pembeli adalah sebagai berikut:

  • Barang elektronik
  • Barang teknologi
  • Aksesoris pakaian
  • Aksesoris rumah
  • Pakaian
  • Aksesoris mobil dan gadget
  • Homeware 
  • Dan sebagainya.

Cara Menuju Ke Yiwu China?

Jika kamu tertarik untuk berbelanja di Yiwu China, kamu dapat menemukan lokasi terkini dengan membaca perjalanan berikut ini. Namun, yang perlu kamu ingat bahwa kota Yiwu adalah kota tingkat kabupaten, yang artinya tidak ada penerbangan internasional yang menuju ke sana secara one way.

Biasanya, para importir atau pembeli akan pergi ke Guanzhong, Shanghai, Shenzhen, atau Hangzhou terlebih dahulu. Jika kamu sudah sampai ke sana, barulah kamu akan mengikuti beberapa rute ini:

1. Dari Guangzhou/Shenzhen

Jika kamu tiba dari penerbangan internasional ke kota Guangzhou atau Shenzhen, kamu perlu mencari tiket penerbangan lokal yang langsung menuju Yiwu. Biasanya, dengan menggunakan pesawat, Yiwu China dapat ditelusuri dalam waktu 2 jam. 

Atau jika kamu tidak ingin membeli tiket pesawat, kamu juga bisa menaiki kereta api dengan cara:

  • Dari Jiahewanggang ke Guangzhou, lalu ke Yiwu.
  • Dari Shenzhen, kamu perlu naik kereta cepat dengan tujuan Guangzhou, baru ke Yiwu.

2. Dari Shanghai

Nah, selanjutnya jika kamu ingin ke Yiwu, namun posisimu saat ini ada di Shanghai. Ada beberapa pilihan kendaraan yang bisa kamu naiki, yaitu:

  • Kereta api bawah tanah ke stasiun Hongqiao, lalu kamu perlu naik kereta cepat ke Yiwu.
  • Naik bus ke Yiwu dengan perjalanan 4,5 jam dengan jarak sekitar 300 meter. 
  • Mobil travel yang bisa kamu sewa untuk transportasi secara pribadi ke Yiwu.

3. Dari Hangzhou

Terakhir, jika kamu turun di Hangzhou, artinya kamu sedang ada pada jalur tercepat ke Yiwu. Kamu bisa naik bus dengan jarak 100 km dengan waktu perjalanan sekitar 1,6 jam.

Jika tidak ingin, kamu bisa menaiki jalur kereta api atau menyewa travel bus yang ada di bandara Hangzhou, karena banyak akomodasi yang menawarkan diri untuk mengantarmu ke Yiwu China. Namun, perlu kamu ingat, bahwa untuk menyewa travel pribadi, lakukanlah tawar menawar harga dengan harga yang kamu inginkan.

Cara Beli Barang di Yiwu China

Nah, selanjutnya, kamu dapat membeli barang di Yiwu China. Seperti yang kamu ketahui, di pasar Yiwu, ada banyak sekali barang yang bisa kamu beli dengan berbagai harga menarik. Nah, berikut ini adalah beberapa cara dan tips yang harus kamu lakukan saat ingin membeli barang tersebut:

1. Ketahui Terlebih Dahulu Alamat dan Jam Layanan Yiwu

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, kamu pasti sudah mengetahui Yiwu dimana, namun kamu harus selalu ingat waktu buka pasar Yiwu. 

Jangan memilih tanggal saat musim semi, karena pasar Yiwu akan tutup total. Selain itu, tetap ingat bahwa pasar Yiwu akan buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore, selain dari situ, mereka tidak menerima transaksi. Jangan kepagian dan jangan kesorean.

2. Siapkan List Barang

Kamu pasti sudah tahu bahwa pasar Yiwu memiliki banyak barang dagangan. Agar tidak kalap, kamu perlu menyiapkan list barang belanjamu, agar budget yang kamu miliki tidak terbuang untuk barang yang kamu beli secara impulsif.

3. Hindari Menggunakan Agen

Agen memang dapat menguntungkan, namun tidak sedikit agen yang jahat dan dapat menipumu dengan keterbatasan bahasa mu. Untuk itu, agar menghindari hal yang tidak- tidak, kamu dapat membeli barangmu sendiri dan tidak menggunakan agen.

Pilih Ekspedisi Terbaik yang Bisa Kamu Dapat?

Setelah membeli barang, aktivitas selanjutnya adalah memilih ekspedisi. Agar barangmu sampai dengan selamat, kamu harus memilih ekspedisi terbaik dan memiliki banyak pengalaman di bidangnya. 

Nah, kamu bisa menggunakan jasa BlueRay Cargo. Tim ekspedisi BlueRay sudah ada lebih dari 20 tahun dan sudah melakukan ekspedisi dari berbagai negara dengan total beribu-ribu pengiriman yang sukses. Tentunya, BlueRay bisa mengantar paketmu dari Yiwu China sampai Indonesia tanpa kekurangan.

Sehingga, kamu tidak perlu repot membawanya pulang sendiri, terutama bila barang belanjaan kamu sangat banyak. Demi menghindari risiko tercecer di jalan atau over bagasi.

Facebook
Twitter
LinkedIn