.

Pengiriman dari China ke Indonesia Berapa Lama?

Berapa Lama Estimasi Pengiriman dari China ke Indonesia Via Cargo?

Perkembangan teknologi yang pesat juga dirasakan oleh industri logistik di berbagai wilayah. Ini memberikan banyak kemudahan untuk proses pengiriman barang, baik lokal maupun mancanegara. Namun, apakah kamu tahu estimasi pengiriman dari China ke Indonesia berapa lama?

China termasuk salah satu negara yang memiliki marketplace besar dan menawarkan barang dengan harga lebih murah. Tidak heran banyak orang Indonesia yang membeli produk dari China secara online. Baca terus artikel di bawah ini untuk memahami lebih jelas mengenai layanan ekspedisi yang murah dan mudah untuk pengiriman paket!

Pengiriman dari China ke Indonesia Berapa Lama?

Sebenarnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi estimasi pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia. Salah satunya adalah jalur pengiriman yang kamu pilih. Misalnya, jalur udara, jalur darat, atau jalur laut. Ada pula estimasi waktu dari marketplace yang berbeda. Berikut ini contohnya:

1. JD.ID

Pembelian barang di luar negeri melalui JD.ID biasanya sudah mencakup pengiriman dari jasa ekspedisi yang telah ditentukan. Semua paket yang telah melewati pemeriksaan Ditjen Bea Cukai akan secara otomatis beralih ke gudang pusat DC Marunda di Indonesia. Sementara estimasi waktu sampai sekitar 14-20 hari kerja.

2. Shopee

Shopee menyediakan jasa ekspedisi untuk pembelian produk dari luar negeri, yaitu Standard Express. Pengiriman melalui jasa ini terbilang cukup cepat, dengan estimasi waktu sampai sekitar 8-20 hari kerja.

3. Jasa Pengiriman Via Forwarder Laut Direct

Apabila kamu ingin mengirim barang melalui jasa forwarder, salah satu yang bisa kamu pilih adalah Forwarder Laut Direct. Pengiriman via Forwarder Laut Direct umumnya sekitar 3-4 minggu. Sedangkan metode jalur laut transit sekitar 5-7 minggu.

Sementara itu, biaya pengiriman paket dengan jalur laut biasanya dihitung berdasarkan volume barang dalam satuan kubik meter (CBM). Jadi, selain estimasi waktu, estimasi biaya pengiriman juga bervariasi.

Baca Juga: Simak! 3 Cara Impor Barang dari China ke Indonesia untuk Pemula

4. Jasa Pengiriman Forwarder Udara Express

Adapun pengiriman jalur udara, yaitu Forwarder Udara Express. Metode pengiriman jalur udara ini biasanya memiliki kecepatan pengiriman barang yang lebih tinggi daripada jalur laut. Jalur pengiriman ini umumnya membutuhkan waktu sekitar 5-8 hari. Sementara metode jalur udara standar membutuhkan waktu sekitar 14-20 hari.

5. Jasa Pengiriman Registered Mail dan AliExpress Standard Mail

Pengiriman dari China ke Indonesia berapa lama jika menggunakan jasa kirim Registered Mail dan AliExpress Standard Mail? Umumnya, lama pengiriman dengan jasa ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu.

6. Jasa Kantor Pos Express (EMS)

Estimasi waktu untuk pengiriman barang dari China ke Indonesia dengan jasa Kantor Pos Express sekitar 2-3 minggu, setelah penjual mengirimkan barang ke gudang.

7. Jasa Pengiriman Express

Tahukah kamu ada beberapa macam jasa pengiriman express? Beberapa layanan pengiriman express dari DHL, FEDEX, UPS, dan TNT memiliki estimasi waktu pengiriman lebih cepat, yaitu sekitar 5-7 hari.

8. Lazada

Siapa yang belum kenal Lazada? Lazada termasuk salah satu marketplace besar yang menawarkan jasa pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia. Pengiriman barang dari ekspedisi milik Lazada juga cukup cepat, lantaran banyaknya gudang yang tersebar di berbagai negara.

Ada dua macam ekspedisi Lazada, yaitu Lazada Standard dan Lazada Express. Estimasi waktu sampai menggunakan Lazada Standard adalah sekitar 8-18 hari. Sementara Lazada Express sekitar 7-16 hari.

Baca Juga: 10 Produk China yang Terkenal dan Paling Diminati, Apa Saja?

Proses Pengiriman dari China ke Indonesia

Kamu sudah mengetahui estimasi waktu pengiriman dari China ke Indonesia berapa lama menurut beberapa jasa ekspedisi. Lebih lanjut, bagaimana proses pengiriman barang dari China ke Indonesia? Bagaimana jika kamu membeli barang secara online melalui marketplace? Nah, begini proses pengiriman paketnya:

1. Pembelian Barang

Sebagian orang lebih menyukai belanja online di luar negeri, lantaran harganya yang relatif lebih murah. Kamu pun bisa membeli barang tertentu secara online di toko yang berasal dari China. Meski pun murah, kamu juga perlu berhati-hati dengan kualitas barangnya.

Beberapa marketplace yang menyediakan pilihan pengiriman barang dari luar negeri, antara lain JD.ID, Lazada, Shopee, dan AliExpress. Kamu bisa memilih salah satu ekspedisi sesuai dengan kebutuhan atau preferensi kamu. 

2. Pembayaran

Proses selanjutnya adalah pembayaran produk yang ingin kamu beli. Pastikan kamu melakukan pembayaran produk beserta ongkos kirimnya. Pembayaran ini biasanya dilakukan melalui metode transfer bank sesuai instruksi di marketplace penjual.

3. Persiapan Pengiriman

Setelah melakukan pembayaran dan mengetahui pengiriman dari China ke Indonesia berapa lama, penjual atau seller dari luar negeri kemudian akan mempersiapkan pesanan paket yang sudah kamu bayar. Persiapan ini termasuk pengemasan paket, agar aman selama proses pengiriman.

4. Pengiriman Barang

Apabila proses persiapan selesai, penjual akan mengirimkan barang pesanan kamu menggunakan ekspedisi “Free Shipping”. Namun, sebagian marketplace juga menawarkan opsi lain untuk pengiriman berbayar, contohnya AliExpress.

Kemudian, pihak jasa ekspedisi akan mengantarkan paket melalui berbagai jalur, baik jalur darat ataupun jalur udara sampai tiba di Indonesia. Jika kamu mengirim barang menggunakan jasa forwarder dari Blueray cargo, Kamu bisa memantau posisi paketmu secara real time lewat fitur Blueray Cargo Tracking

5. Paket Tiba di Indonesia

Proses selanjutnya adalah ketika paket telah tiba di Indonesia. Barang pesanan kamu akan melewati pemeriksaan oleh Ditjen Bea Cukai terlebih dahulu. Proses pemeriksaan barang mencakup pemeriksaan kelengkapan data dan dokumen, pengecekan melalui x-ray, dan penetapan SPPBMCP.

Selain itu, proses ini juga mencakup pembayaran bea cukai dan pajak impor, apabila nilai barang lebih besar dari USD 75. Jadi, kamu tidak perlu bingung mengurus prosedur bea cukai sendiri.

6. Pengantaran Paket

Apabila paket milikmu telah lolos pemeriksaan Ditjen Bea Cukai, selanjutnya pihak jasa ekspedisi di Indonesia akan melakukan penjemputan atau pick up paket di Jakarta. Paket tersebut akan dibawa oleh kurir ekspedisi dari Jakarta menuju alamat tujuan penerima paket. 

Estimasi waktu pengiriman barang menuju alamat penerima umumnya membutuhkan sekitar 2-7 hari kerja. Ini sesuai dengan jenis ekspedisi dan jarak tempuhnya.

7. Paket Diterima

Proses terakhir adalah penerimaan paket oleh kamu sebagai penerima. Dalam hal ini, pihak kurir telah sampai ke alamat tujuan penerima paket. Barang sudah sampai di tangan kamu dengan aman dan selamat.

Baca Juga: Forwarder China Indonesia Berpengalaman Lebih dari 10 Tahun – Blueray Cargo

Sudah Tahu Pengiriman dari China ke Indonesia Berapa Lama?

Nah, secara garis besar, pengiriman barang dari China ke Indonesia memakan waktu yang sangat bervariasi, tergantung jasa layanan ekspedisi yang kamu pilih dan moda transportasinya. Rata-rata lama waktu pengirimannya adalah 3-7 minggu.

Kabar baik bagi kamu sedang mencari opsi lain jasa ekspedisi china ke indonesia yang mudah, cepat, dan harganya terjangkau. Karena Blueray Cargo bisa jadi solusi yang tepat untukmu! 

Sebab, Blueray Cargo merupakan perusahaan jasa importir China-Indonesia terbaik yang menawarkan proses pemesanan jasa anti ribet melalui website dengan persyaratan mudah. 

Selain itu, waktu pengiriman barang dari Guangzhou, China hanya 5-10 hari kerja saja untuk sampai ke tangan kamu.

Facebook
Twitter
LinkedIn