.

Apa Itu Larangan Impor? Ini Alasan & Daftar Barangnya Lengkap

Apa Itu Larangan Impor? Ini Alasan & Daftar Barangnya Lengkap

Tahu nggak sih kalau negara kita ini memberlakukan pelarangan impor? Larangan impor adalah usaha pemerintah buat melindungi masyarakatnya secara umum. Nah, barang apa aja sih yang nggak boleh diimpor? Yuk, cari tahu bareng-bareng!

Apa Itu Larangan Impor?

Larangan impor adalah kebijakan perdagangan internasional yang diterapkan oleh suatu negara, buat membatasi atau bahkan melarang masuknya barang atau produk tertentu dari luar wilayahnya. 

Tujuan utamanya untuk mengatur aliran barang impor, melindungi industri lokal, menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat, mengendalikan inflasi, dan yang pasti menjaga keseimbangan perdagangan antar negara.

Di dalam konteks ini, pelarangan impor bisa bersifat absolut, di mana suatu jenis barang nggak boleh masuk sama sekali. Selain itu, pelarangan impor juga bisa bersifat selektifm dengan adanya pembatasan kuantitas atau persyaratan khusus untuk impor barang tertentu. 

Aturan pelarangan impor punya peran strategis dalam mengatur perdagangan internasional dan memiliki dampak signifikan terhadap dinamika ekonomi suatu negara.

Larangan impor juga dapat mendorong produsen lokal untuk meningkatkan produksi mereka. Namun, penting untuk diingat, bahwa dampak pelarangan impor ini juga dapat berujung pada kenaikan harga barang di dalam negeri. 

Pada akhirnya, justru dapat merugikan konsumen, karena membayar dengan harga lebih tinggi untuk barang tertentu yang terkena larangan impor. Oleh karena itu, pemerintah wajib menerapkan aturan tersebut secara bijak.

Baca Juga: Angka Pengenal Impor: Cara Daftar, Fungsi & Aturan Baru 2024

Alasan Pemerintah Memberlakukan Larangan Impor

Pemusnahan pakaian bekas impor untuk melindungi industri dalam negeri
Pemusnahan pakaian bekas impor untuk melindungi industri dalam negeri | Sumber gambar: Info Indonesia

Kalau dari penjelasan di atas, sebenarnya sudah sedikit disinggung soal tujuan pemerintah memberlakukan larangan impor. Tapi untuk lebih jelas lagi, kamu bisa membaca penjelasan detailnya di bawah ini, ya!

1. Perlindungan Industri Dalam Negeri

Pertama, larangan impor adalah ketetapan untuk melindungi industri dalam negeri dari persaingan produk impor yang lebih murah. Hal ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan industri lokal, mendorong investasi, dan menciptakan lapangan kerja.

2. Kontrol Kualitas dan Keamanan

Pelarangan impor juga dapat diimplementasikan untuk mengendalikan kualitas dan keamanan produk yang masuk ke pasar dalam negeri. Tujuannya adalah melindungi konsumen dari produk yang berpotensi berbahaya atau tidak memenuhi standar tertentu.

3. Mengurangi Ketergantungan Impor

Mengurangi impor barang-barang tertentu adalah upaya pemerintah dalam mengurangi ketergantungannya terhadap pasokan dari luar negeri. Tujuan ketiga ini membantu mengurangi risiko tidak stabilnya pasokan dan dampak fluktuasi harga di pasar internasional.

4. Kendalikan Inflasi

Selanjutnya, larangan impor juga dapat berperan sebagai alat untuk mengendalikan inflasi. Dengan pembatasan impor produk-produk konsumsi, pemerintah berusaha untuk mengantisipasi kenaikan harga serta menjaga stabilitas ekonomi.

5. Perlindungan Lingkungan dan Sumber Daya Alam

Kebijakan larangan impor dapat diarahkan untuk melindungi lingkungan dan sumber daya alam dari eksploitasi yang berlebihan atau praktik yang merusak lingkungan.

6. Mendukung Kebijakan Pembangunan dan Kemandirian

Berikutnya, alasan pemerintah melakukan pelarangan impor untuk barang barang tertentu adalah demi mendukung program pembangunan dan mencapai kemandirian dalam sektor-sektor kunci.

7. Merangsang Investasi Dalam Negeri

Terakhir, dengan memberikan perlindungan terhadap industri dalam negeri, kebijakan larangan impor dapat merangsang investasi dalam sektor tersebut. Kebijakan ini mendorong peningkatan produksi lokal dan menciptakan lapangan kerja.

Alasan-alasan ini mencerminkan upaya pemerintah untuk mencapai sejumlah tujuan ekonomi dan non-ekonomi, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung perkembangan berkelanjutan.

Daftar Barang Larangan Impor

Nah, pelarangan impor terbagi jadi dua, ada barang yang nggak boleh diimpor sama sekali. Tapi, ada juga barang yang masih bisa masuk ke Indonesia dalam jumlah yang terbatas. Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini!

1. Daftar Barang yang Dilarang Impor

Pakaian bekas pakai yang masuk larangan impor
Pakaian bekas pakai yang masuk larangan impor | Sumber gambar: iNews

Daftar barang yang tidak boleh untuk masuk ke  Indonesia dari luar negeri tercantum di dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022. Ini dia daftar barangnya.

  • Gula jenis tertentu;
  • Beberapa jenis produk beras;
  • Bahan-bahan perusak lapisan ozon;
  • Barang bekas seperti karung, kantong, dan pakaian;
  • Sistem pendingin yang menggunakan Hydrochlorofluorocarbon 22 (HCFC-22) dan Chlorofluorocarbon (CFC), dalam kondisi kosong atau sudah terisi;
  • Obat serta makanan tertentu;
  • Limbah bahan berbahaya dan beracun; 
  • Limbah non bahan berbahaya dan beracun;
  • Perkakas tangan dalam bentuk sudah jadi atau siap pakai; serta
  • Alat kesehatan dengan kandungan merkuri.

2. Daftar Barang yang Bisa Impor Terbatas

Bahan baku plastik yang termasuk daftar barang impor terbatas
Bahan baku plastik yang termasuk daftar barang impor terbatas | Sumber gambar: Tokoplas

Selanjutnya, mari bahas barang-barang yang masih bisa kamu impor, tapi dalam jumlah yang terbatas. Terdapat beberapa jenis produk yang termasuk dalam kategori ini. Silakan simak detail barangnya di bawah ini, ya!

  • Makanan pokok berupa beras, jagung, garam, dan gula;
  • Hewan;
  • Produk untuk hewan;
  • Hasil kehutanan;
  • Barang modal tidak baru;
  • Perlengkapan otomotif seperti pelumas atau ban;
  • Kaca lembaran;
  • Kemarik;
  • Semen clinker;
  • Semen;
  • Besi atau baja;
  • Bahan baku plastik;
  • Produk tekstil;
  • Minuman beralkohol; serta
  • Barang untuk bercocok tanam atau perlengkapan hortikultura.

Baca Juga: Cara Import Barang dari Luar Negeri dengan Mudah

Sudah Tahu Apa Alasan Pemerintah Melarang Beberapa Produk Impor?

Larangan impor adalah kebijakan pemerintah yang bertujuan melindungi industri lokal, menjaga kesehatan, dan mengendalikan inflasi. Barang berbahaya absolut dilarang, sementara beberapa barang lainnya boleh impor terbatas.

Di dalam menghadapi aturan pelarangan impor, Blueray Cargo sebagai jasa importir barang Thailand terbaik, siap membantu mempermudah proses impor. Kami mematuhi semua regulasi pemerintah, menyediakan layanan terpercaya, dan memberikan solusi logistik terbaik. 

Kami juga menawarkan biaya yang kompetitif untuk kebutuhan impor barang dari Thailand via jalur laut maupun udara. Jadi, kamu bisa berbelanja produk apa pun dari Thailand melalui marketplace dengan menggunakan alamat gudang kami di sana, lalu kami akan mengirimnya langsung ke alamat rumah kamu.

Cukup sediakan KTP dan biaya impor yang sudah include dengan semua pengurusan administrasi impor. Maka, kamu bisa mendapatkan barang atau produk dari Thailand yang kamu impikan.

Facebook
Twitter
LinkedIn