.

8 Manfaat Teh Hijau Thailand dan Cara Mengkonsumsinya

8 Manfaat Teh Hijau Thailand dan Cara Mengkonsumsinya

Kamu tentu tahu bukan? Thailand adalah salah satu negara yang terkenal dengan tehnya yang enak dan kaya akan manfaat. Manfaat teh hijau Thailand sangat banyak, mulai dari untuk mengurangi resiko kanker hingga untuk menurunkan berat badan. 

Manfaat ini karena adanya kandungan antioksidan dan senyawa lainnya yang bermanfaat besar untuk tubuh. Namun, kandungan senyawa baik dalam teh hijau ini juga bisa hilang, jika cara mengkonsumsinya tidak tepat. Maka dari itulah, pada artikel berikut akan diuraikan secara lengkap manfaat hingga cara mengkonsumsi teh ini. Mari simak!

8 Manfaat Teh Hijau Thailand

Berikut ini beberapa manfaat teh hijau Thailand yang penting kamu ketahui. 

1. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan dihindari oleh banyak orang. Nah, teh memiliki kandungan antioksidan, antikanker, dan sifat sitotoksik tinggi, yang mampu menghambat tumbuhnya sel kanker. 

Beberapa contoh kanker yang mungkin bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi teh, yaitu kanker pankreas, usus besar, hingga payudara. Jadi, jika kamu ingin tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit kronis ini, maka mengonsumsi teh hijau Thailand menjadi pilihan terbaik. 

2. Mengatasi Sinusitis

Sinusitis merupakan alergi yang bisa menyerang sistem pernapasan. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, dipercaya mampu mengurangi sinusitis. Ini karena adanya kandungan flavonoid pada teh hijau yang berperan besar dalam melindungi tubuh dari peradangan sinusitis.  

3. Mencegah Asma

Asma adalah penyakit pada saluran pernapasan, yang ditandai dengan sesak napas. Nah, adanya kandungan zat antioksidan quercetin pada teh hijau, bisa menghambat pelepasan zat inflamasi dalam sel mast dalam tubuh. 

Sel mast inilah yang nantinya akan berperan dalam mengurangi asma tersebut. Dalam mengurangi asma, kamu bisa mengonsumsi teh hijau Thailand 2 kali sehari. 

4. Menghilangkan Stress

Stress adanya penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan sudah banyak memakan korban, karena bisa menyebabkan depresi berat. Oleh sebab itulah, stress sebaiknya diatasi secepat mungkin, salah satunya dengan mengonsumsi teh hijau. 

Berdasarkan hasil penelitian dari Tohoku University Graduate School of Medicine, Sendai, Jepang, teh hijau bisa membantu menghilangkan stress. Ini karena kandungan antioksidannya yang mampu membuat tubuh menjadi lebih tenang dan lebih rileks.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang menjalani diet, mengonsumsi teh hijau adalah pilihan terbaik untuk membantu kamu menurunkan berat badan. Kandungan antioksidan dan kafein yang ada pada Thai Tea yang diikuti dengan olahraga yang teratur, bisa meningkatkan metabolisme dan membakar kalori dalam tubuh lebih cepat. 

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Arteri

Manfaat teh hijau Thailand selanjutnya adalah bisa meningkatkan kesehatan jantung dan arteri. Ini karena kandungan antioksidannya yang bisa membantu melancarkan aliran darah pada pembuluh darah dari jantung ke seluruh tubuh. 

Melalui proses inilah nantinya kesehatan jantung dan arteri bisa lebih lancar. Secara tidak langsung, ini juga akan membantu dalam mencegah stroke dan serangan jantung di masa tua. 

7. Mencegah Tumbuhnya Bakteri

Bakteri merupakan mikroorganisme yang paling rentan menyebabkan penyakit, mulai dari penyakit kulit hingga organ dalam. Salah satu cara mencegah tumbuhnya bakteri adalah dengan rutin mengkonsumsi teh hijau. 

Pasalnya, kandungan senyawa tanin dan flavonoid pada teh bisa menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri. Terutama bakteri jenis E-coli, yang mana sering menyebabkan masalah diare. 

8. Mencegah Diabetes

Teh hijau seperti yang diketahui mengandung flavonoid dan berbagai senyawa baik lainnya. Dengan semua kandungan baik di dalamnya, membuat teh hijau Thailand juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh, sehingga diabetes pun bisa dicegah. 

Baca Juga: Top 10 Parfum Thailand yang Paling Wangi untuk Wanita

Cara Mengkonsumsi Teh Hijau Thailand

Demi mendapatkan manfaat teh hijau Thailand yang maksimal, kamu perlu tahu  juga cara mengkonsumsi teh hijau yang tepat. Berikut ini cara-caranya.

1. Minum Selagi Hangat

Cara mengkonsumsi teh hijau yang pertama adalah dengan minum selagi hangat. Ini sangat  penting, terutama untuk kamu yang ingin merasakan manfaatnya sebagai penurun berat badan. 

Pasalnya ketika selagi hangat, kandungan senyawa baik di dalamnya baru saja aktif dan dikeluarkan dari serbuk teh. Maka dari itulah, mengonsumsinya selagi hangat bisa membantumu mendapatkan senyawa tersebut secara maksimal. Biasanya, teh hijau Thailand asli akan diseduh pada suhu 80-90 derajat celcius. 

2. Minum 3-4 Kali Sehari

Jika ingin mengonsumsi teh, sebaiknya kamu mengkonsumsinya sebanyak 3-4 kali sehari, terutama setelah sarapan. Hindari mengkonsumsi teh saat perut kosong, karena bisa merangsang produksi asam lambung yang bisa meningkatkan resiko sakit perut. 

Di dalam hal ini, kamu bisa mengonsumsi teh hijau saat siang hari, setelah makan siang atau mungkin setelah pulang bekerja. Ini tentunya akan sangat membantu dalam memperbaiki stress sehabis bekerja. 

3. Hindari Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

Cara mengkonsumsi teh hijau Thailand selanjutnya adalah dengan tidak meminumnya sebelum tidur. Ini karena kandungan kafein di dalamnya yang bisa membuat kamu susah tidur. 

Hal ini penting sekali untuk kamu perhatikan, terutama untuk para pejuang diet. Kurangnya tidur akibat dari minum teh ini, bisa merusak proses metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran lemak dalam tubuh pun tidak akan optimal. Alhasil, kamu tidak akan bisa menurunkan berat badanmu nantinya. 

4. Hindari Menambahkan Banyak Gula

Mengonsumsi teh sering sekali ada penambahan gula untuk menghilangkan rasa pahit pada teh. Namun, minum teh dengan gula yang terlalu banyak, tidaklah baik. Ini karena gula merupakan salah satu sumber penyakit diabetes dan obesitas. Di dalam hal ini, mungkin setengah sendok gula cukup untuk sekali minum. 

Baca Juga: 10 Wisata Kuliner di Bangkok Thailand Andalan Para Wisatawan

Sudah Tahu Manfaat Teh Hijau Thailand?

Teh hijau memiliki manfaat yang cukup tinggi untuk kesehatan, untuk itulah, sebaiknya kamu meminum teh hijau secara rutin. Jika kamu tidak suka rasa pahit dari teh, kamu bisa tambahkan gula sedikit, namun jangan terlalu banyak, karena bisa menyebabkan beberapa penyakit. 

Mengonsumsi teh hijau Thailand, akan lebih baik jika dari asalnya langsung. Jika kamu ingin mengirim teh hijau dari Thailand, bisa dengan Blueray Cargo. Ini adalah jasa impor barang terbaik yang bisa membantumu mendapatkan produk dari berbagai negara, termasuk Thailand. 

Menariknya, jika kamu menggunakan jasa ini, kamu bisa memilih jalur pengiriman sendiri, dengan biaya yang bisa kamu sesuaikan dengan budget tentunya. Tidak hanya itu, proses beacukai juga akan kami urus, sehingga pastinya akan sangat mempermudah.

Facebook
Twitter
LinkedIn